Featured Image Article 1001

Perbedaan Valentine's Day dan White Day

Apa sih perbedaan Hari Valentine dan White Day? Pasti kamu sudah mengenali Hari Valentine, nah sekarang cari tahu lebih banyak tentang White Day, yuk!

Cut Auzola Photo
Cut Auzola
Blogger
di Japan

Siapa sih yang tidak tahu mengenai Hari Valentine? Hari Valentine yang dianggap sebagai hari kasih sayang membuat banyak wanita dari berbagai dunia yang menunggu-nunggu hari tersebut! Hari Valentine sangat populer, terutama di Jepang. Toko-toko sudah akan mulai menjual cokelat-cokelat maupun alat pembuat cokelat sebulan sebelum hari Valentine.

Tidak seperti di negara lain yang normalnya wanita menunggu diberikan cokelat, bunga, perhiasan atau pun candle light dinner oleh pasangannya, maka di Jepang justru wanita lah yang memberikan cokelat pada orang yang ia sukai. Karena tradisi ini, muncul-lah perayaan yang disebut sebagai White Day di Jepang yang bertujuan sebagai hari pembalasan dari hari Valentine. White Day dirayakan tepat sebulan setelah hari Valentine, yaitu pada tanggal 14 Maret.

White Day merupakan fenomena baru yang tercipta di Jepang. White Day pertama kali di rayakan di tahun 1978. National Confectionery Industy Association di Jepang membuat White Day sebagai "hari jawaban" atau "hari pembalasan" untuk perayaan hari Valentine, yang merupakaan saat bagi pria untuk membalas kebaikan wanita yang telah memberi mereka cokelat atau hadiah lainnya pada saat hari Valentine.

Warna putih dipilih para White Day karena dianggap sebagai warna yang murni, tulus, manis seperti cinta, dan juga karena putih merupakan warna gula. Nama inisial untuk White Day adalah Ai ni Kotaeru White Day (Answer Love on White Day). Namun, hadiah yang diberikan untuk White Day tidak hanya berupa cokelat, tetapi juga bisa berbentuk bunga, perhiasan, pakaian maupun lingerie berwarna putih!

Selain itu, pada White Day, pria diharapkan untuk membalas hadiah dari wanita pada hari Valentine dengan hadiah yang setidaknya dua atau tiga kali lebih mahal, lho! Peraturan ini biasa disebut sebagai "sanbai gaeshi". Nah, jika pria tidak membalas hadiah yang diberikan, maka dianggap bahwa mereka menempatkan dirinya dalam posisi superior. Jika hadiah yang diberikan sebanding maka hal ini dianggap bahwa pria mengakhiri suatu hubungan. Oleh karena itu pria diharapkan membalas hadiahnya setidaknya dua kali lipat. 

Wah, walaupun memang sedikit akan menguras kantong bagi pihak pria,.memang hal ini terlihat menyenangkan bagi pihak wanita ya!  Siapa yang mau diberikan hadiah balasan pada White Day? Jangan lupa kasih tahu pasangan mu ya! ;)