Featured Image Article 1025

Dapatkan Tubuh Sehat dan Lentur Dengan Acroyoga

Pernah mendengar tentang Acroyoga? Apa sebenernya Acroyoga itu? Dan apa sih manfaatnya?

Leonita Photo
Leonita
Blogger
di Health

Pernah mendengar tentang Acroyoga? Acroyoga merupakan salah satu olaharaga yang sedang digemari saat ini. Acroyoga diciptakan oleh Jason Nemen dan Jenny Klein pada tahun 2006 di California, Amerika Serikat. Sesuai dengan namanya, Acroyoga merupakan gabungan kegiatan olahraga yang merupakan kombinasi dari akrobatik dan yoga.

Konsep Acroyoga

Ada tiga konsep dasar yang diterapkan dalam Acroyoga, yaitu melatih kepercayaan diri, playfulness dan komunikasi. Acro Yoga dapat dilakukan semua orang. Acroyoga ini harus dilakukan berpasangan karena terdapat dua peran yang harus dilakukan dalam Acroyoga, yaitu sebagi Base dan Flier. Base biasanya merebahkan punggungnya ke lantai dan menahan Flier. Seorang Base membutuhkan kekuatan dan keseimbangan maksimum untuk untuk menyangga Flier. Sedangkan Flier merupakan orang yang diangkat oleh Base. Flier membutuhkan keseimbangan, percaya diri, dan kekuatan untuk menciptakan gerakan-gerakan dinamis.

Gerakan Dasar Acroyoga

Birdy 

Pose ini memerlukan kelenturan, konsentrasi serta kepercayaan terhadap partner Acroyoga. Gerakan ini dilakukan dengan meluruskan tubuh di atas telapak kaki Base dan kedua tangan bertumpu pada Base.

Free Bird

Free Bird 

Posisi tubuh sama dengan Birdy hanya saja, kali ini coba untuk posisikan satu tangan lurus ke depan.

Front Bird

Front Bird

Ketika tubuh telah seimbang, perlahan lahan angkat kedua tangan sehingga tubuh hanya disanggah oleh Base pada bagian pinggul.

Bow Pose

Bow Pose

Pose ini memerlukan kepercayaan, kompetibelitas, kekuatas dan kelenturan. Posisi Flier sama seperti melakukan pose front bird, namun pada pose ini, kedua kaki dan tangan diharuskan untuk menyentuh sehingga tubuh seakan-akan seperti busur.

Manfaat Acroyoga

  • Membentuk postur tubuh dengan latihannya yang melibatkan tulang punggung, perut, kaki dan tangan.
  • Membakar kalori
  • Melatih kekuatan otot
  • Membentuk tulang belakang menjadi lebih kuat, sehingga tubuh menjadi tegak.

Sebaiknya Acroyoga dilakukan secara berurutan dan rutin agar manfaat untuk kesehatan tubuh diperoleh secara maksimal. Dan jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai latihan. Tertarik untuk mencoba?