Featured Image Article 1095

Ingin Sehat dan Bugar, Tapi Tidak Punya Waktu? Coba 7 Jalan Pintas Ini!

Apakah dengan olahraga teratur terdengar “sulit” untuk kamu? tenang saja, berikut ini cara mudah yang bisa kamu upayakan setiap hari

Hikma Photo
Hikma
Contributor
di Health

Mau sehat berarti makan teratur, dengan jumlah karbohidrat, protein, dan serat sesuai anjuran para ahli gizi. Ditambah lagi olahraga rutin, dan bebas stress. Semua itu terdengar ‘sulit’ bukan? Tenang saja, berikut ini cara mudah yang bisa kamu upayakan setiap hari.

Sikat Gigi Sambil Berdiri

Yoga, tai chi, atau pilates, memang bisa melatih keseimbangan dan kelenturan tubuh. Idealnya dilakukan dua kali seminggu. Namun selain mebutuhkan biaya yang tidak sedikit, hal-hal tersebut juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Tentunya sangat sulit untuk kamu yang memiliki bermacam kesibukan.

Solusi:

Lakukan setiap hari saat menggosok gigi, berdirilah menggunakan satu kaki, setelah kau terbiasa dan tubuh mulai terlatih seimbang, lakukan hal yang sama dengan mata tertutup. Mudah bukan?

BACA JUGA: Tips Agar Gigi Putih dan Sehat (1)

Jalan di Teras

Untuk memperoleh jantung sehat, kamu disarankan untuk berolahraga 30 menit selama lima kali dalam seminggu. Selain jantung sehat, olahraga bisa menurunkan kolesterol dan tekanan darah, menjaga berat badan, serta mengurangi risiko kanker. Untuk mendapatkan manfaat yang sama kamu bisa melakukannya dengan berjalan kaki.

  • Bangunlah 10 menit lebih awal dan gunakan untuk latihan kaki. Kamu bisa berjalan di taman atau teras.
  • Penelitian terbaru di Kanada menemukan bahwa latihan 10 menit yang dilakukan secara intens dengan selingan istirahat singkat, baik untuk kebugaran dan kekuatan ototmu. Latihan ini sama baiknya dengan latihan 30 menit tanpa istirahat.

Tidur Siang

Tidur dengan waktu yang cukup sangat penting bagi kesehatan jantung dan tekanan darah, serta melatih konsentrasi. Namun kamu justru melakukan hal yag sebaliknya, bergadang atau terlalu sibuk untuk tidur. Jika memang begitu, cobalah sediakan waktu untuk tidur sehat, meski hanya sesaat.

Tidur siang dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Cukup 20 menit power nap akan mengembalikan produktivitas dan konsentrasimu.

Pilih Susu,Keju, dan Yoghurt

Makan makanan yang kaya akan vitamin D, serta latihan beban secara teratur akan menjaga kepadatan tulang.

Solusi:

  • Konsumsi susu dan keju yang rendah lemak, serta yoghurt. Makanan yang rendah lemak mengandung lebih banyak kalsium.
  • Konsumsi suplemen vitamin D3 untuk memastikan tubuhmu dapat mencerna kalsium secara efektif.

BACA JUGA: Manfaat Yogurt untuk Tubuh

Makan ikan

Ikan termasuk “seafood” yang rendah lemak jenuh, tinggi protein, dan merupakan sumber penting asam lemak omega 3. Makan minimal dua porsi ikan dalam seminggu bisa melindungimu dari penyakit jantung, menjaga sendi dan kesehatan mata.

  • Konsumsi sedikitnya 400 mg omega-3 setiap hari, sebagai bagian dari diet sehat untuk mencegah gangguan pada pembuluh darah maupun jantung.
  • Masukkan kenari dan labu pada salad ataun serealmu. Sama seperti omega-3, kacang-kacangan dan sayuran juga bermanfaat bagi kesehatanmu.

Makan permen karet

Kamu diharuskan menyikat gigi setiap sehabis makan. Absen menyikat gigi bukan hanya membuat napas tidak segar, tapi juga mempercepat timbulnya plak, tumpukan bakteri, yang bisa memicu kerusakan gigi.

Kunyahlah permen karet sugar-free setelah makan. Selain menghilangkan sisa makanan, mengunyah permen karet juga bisa meningkatkan produksi air liur. Air liur akan menetralisir asam yang dihasilkan oleh bakteri, sehingga mulut akan tetap bersih. Untuk formula ekstra, kunyah permen karet yang mengandung xylitol. Pemanis alami ini akan menghambat bakteri menempel pada permukaan gigi.

Belajar santai

Setiap orang tentu pernah mengalami stress. Jika stress dibiarkan berlarut-larut, tak ayal bisa membuat kesehatan fisik maupun psikis menurun dan berujung pada depresi. Luangkan waktu untuk menganalisis masalah. Jika masalah tersebut tidak berdampak pada hidupmu, sebaiknya jangan terlalu dipikirkan. Terlalu sering dipikirkan hanya akan membuatmu semakin stress.