Featured Image Article 1099

Mengkonsumsi Kopi Berbahaya Bagi Payudara! Apa Benar?

Minuman yang satu ini tidak hanya populer di kalangan pria, tapi juga populer di kalangan wanita. Namun apakah minum kopi terlalu sering tidak berbahaya bagi kesehatan wanita?

Intan A. Photo
Intan A.
Contributor
di Lifestyle

Sekrang ini kopi bukan lagi jadi minuman para pria saja, tapi sudah banyak juga wanita yang menjadi penikmat setia minuman yang satu ini. Apalagi disaat sedang bersantai dengan teman-teman, atau singgah di cafe untuk menikmati secangkir kopi hangat.

BACA JUGA: 12 Tanda Kecanduan Kopi yang Tidak Kamu Sadari

Sayangnya dibalik kenikmatannya, kopi juga memiliki bahaya kesehatan, terutama bagi wanita akan berpengaruh buruk pada kesehatan payudara. Tapi apa benar? Yuk simak bahaya kopi untuk payudara! 

Rasa Sakit pada Payudara

Kafein terbukti bisa menyebakan rasa tidak nyaman pada payudara atau jantung karena memiliki sifat yang akan membuat peminumnya merasa berdebar-debar. Terutama bagi mereka yang memiliki penyakit kista payudara, kandungan kafein yang tinggi pada kopi akan membuat payudara terasa sakit pada waktu yang tidak bisa ditentukan. 

Benjolan pada Payudara

Konsumsi kafein yang terlalu banyak dapat membentuk cairan dalam kista yang akan menimbulkan benjolan atau gumpalan pada payudara. Gumpalan atau benjolan ini akan bergerak disekitar payudara, sehingga saat diraba atau ditekan, benjolan tersebut akan terasa sangat lembut. Benjolan tersebut bisa saja hanya bersifat sementara ataupun permanen. Namun jika didiamkan akan sangat berbahaya dan bisa menjadi salah satu pemicu munculnya kanker payudara. 

BACA JUGA: Ini Dia Penyebab Utama Kanker Payudara!

Payudara menjadi padat

Banyaknya konsumsi kafein dengan kadar yang cukup tinggi akan mengakibatkan sel-sel yang ada pada payudara terasa semakin memadat, sehingga payudara terasa semakin keras atau padat. 

BACA JUGA: Kopi dan Payudara

Ukuran payudara cenderung mengecil

Minum tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari menyebakan payudara sedikit cenderung mengecil. Ya memang tidak hilang total menjadi rata seperti pria, tapi payudara kalian akan kehilangan sebesar 17% dari normalnya dibandingkan dengan wanita yang minum kopi, kurang dari 3 cangkir sehari. 


Dari beberapa poin diatas, ada baiknya jika kamu mulai mengurangi konsumsi kopi. Jika kalian sering pergi hangout bersama teman-teman, atau sekedar duduk-duduk di cafe bersantai bersama laptop atau gadgetmu, cobalah ganti atau variasikan menu minumanmu. Kamu juga bisa mencari cafe lainnya yang menyediakan makanan dan minuman sehat setiap.