Featured Image Article 1120

Hilangkan Ketombe Membandel dengan Bahan-bahan Alami

Sebal dengan ketombe yang tidak kunjung hilang? Yuk, coba hilangkan ketombe mu dengan bahan alami ini!

Cut Auzola Photo
Cut Auzola
Blogger
di Hair

Siapa sih yang tidak kesal kalau ketombe terus-terusan merusak keindahan rambut? Sebagai wanita, rambut merupakan mahkota yang sangat penting dan tidak sedikit yang rela menghabiskan berjam-jam atau mengeluarkan uang untuk perawatan rambut. Sayangnya, masalah ketombe terkadang tidak bisa dihindari. Bagi beberapa orang, ketombe merupakan salah satu masalah yang sangat susah dihilangkan walaupun telah melakukan banyak cara.

Beberapa cara menghilangkan ketombe, justru terkadang menciptakan masalah baru untuk rambut indahmu. Maka itu sebaiknya kamu mencoba beberapa bahan alami berikut ini, untuk mengatasi masalah ketombe yang membandel.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa dan Baby Oil

Ketombe yang disebabkan oleh kulit kepala yang kering dapat di hilangkan dengan menggunakan minyak kelapa atau baby oil, tapi kamu harus menghindari perawatan ini kalau ternyata ketombe mu merupakan hasil dari kulit kepala yang memiliki minyak berlebihan. Lalu bagaiamana caranya?

  • Bersihkan rambut dengan sampo seperti biasa, bilas hingga bersih, lalu gunakan minyak kelapa langsung pada kulit kepala. Pastikan kamu hanya memijat bagian kulit kepala nya saja dengan minyak kelapa tanpa membalurkannya ke ujung rambut. Setelah itu bilas hingga bersih dan ulangi hal ini sampai dua atau tiga kali dalam seminggu.
  • Untuk penggunaan baby oil, kamu dapat langsung memijat baby oil pada kulit kepala mu, bungkus dengan handuk kering dan biarkan baby oilnya meresap di kulit kepala mu semalaman. Setelah bangun, langsung bilas hingga bersih.

BACA JUGA: Kuku Kuat dan Sehat Dengan Minyak Kelapa

Yogurt

Yogurt

Gunakan yogurt sebagai kondisioner. Bakteri yang ada di yougurt dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala, lho. Balurkan yogurt di kulit kepala mu setelah mencuci rambut. Biarkan selama kurang lebih 10-15 menit sebelum membilas. Setelah itu ulangi cuci rambut dengan sedikit sampo. 

BACA JUGA: Yogurt dan Manfaatnya Untuk Rambut Indahmu

Sari Lemon

Sari Lemon 

Pijat kulit kepala mu dengan sari-sari lemon dan juga untuk seluruh rambutmu. Biarkan beberapa menit sebelum di bilas. Sari lemon dapat digunakan saat mencuci rambut atau sebelum mencuci rambut. Acidic yang terdapat di dalam sari lemon dapat menghilangkan ketombe yang membuat rambut menjadi berminyak. 

BACA JUGA: 5 Alasan Kamu Harus Mulai Minum Air Lemon Hangat Di Pagi Hari

Cuka Apel

Cuka Apel

Gunakan cuka apel untuk membilas rambutmu. Gunakan sekitar 2 sendok makan atau 30ml cuka apel langsung pada kulit kepalamu sambil memberikan sedikit pijatan. Kamu juga bisa mencampur sedikit cuka apel pada air bilasan, lalu bilas rambutmu secara keseluruhan. Setelah itu bilas lagi dengan air biasa sebelum mencuci rambutmu seperti biasa. 

BACA JUGA: 4 Manfaat Baik Apel Hijau untuk Kecantikanmu


Semoga beberapa cara diatas bisa membantu kamu mengatasi masalah ketombe yang membandel dan katakan selamat tinggal ketombe!