Featured Image Article 1121

Tips Menjaga Kesuburan dan Kualitas Sel Telur Tetap Baik

Banyak sekali pasangan suami istri yang ingin segera memiliki anak, namun belum berhasil meski telah menocoba banyak cara. Ternyata kualitas sel telur yang kurang baik bisa jadi salah satu penyebabnya

Intan A. Photo
Intan A.
Contributor
di Health

Mengkonsumsi makanan dengan cermat merupakan hal yang sangat penting. Semakin banyak sembarangan dalam mengkonsumsi makanan, semakin berbahaya juga bagi kesehatan wanita. Bukan hanya makanan, sebagai wanita banyak hal yang harus diperhatikan, termasuk aktivitas yang tidak boleh terlalu berlebihan karena akan membahayakan bagi tingkat kesuburan wanita. 

Tentusaja kesuburan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap wanita. Tingkat kesuburan pada wanita akan sangat berpengaruh dalam proses reproduksi, sama juga halnya dengan pria. Kesuburan pada wanita akan dipengaruhi oleh sel telur yang diproduksi. Lalu bagaimana cara meningkatkan produksi sel telur? Yuk simak artikel berikut ini!

Perhatikan Konsumsi Makananmu

Makanan yang kamu konsumsi ternyata bisa mempengaruhi produksi sel telur. Makanan apa saja saja yang baik dikonsumsi untuk kesuburan wanita? Perbanyaklah konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin E, seperti pepaya, alpukat, sawi, dan paprika merah. Konsumsi juga makanan yang mengandung zat besi, seperti bayam, kacang tanah, kentang, dsb guna memperkuat sel telur. 

BACA JUGA: 3 Ikan Lokal yang Bisa Jadi Sahabat Perut Ibu Hamil dan Menyusui

Memiliki Aktifitas yang Rutin 

Wanita yang memiliki aktivitas rutin biasanya memiliki peluang yang lebih dibandingkan dengan wanita yang hanya berdiam diri saja. Namun ingat! Jangan sampai aktifvitas yang kamu lakukan terlalu berat atau terlalu melelahkan karena akan mengakibatkan hal yang tidak baik juga.

Kualitas istirahat

Jika kamu ingin memiliki kualitas sel telur yang baik, usahakanlah untuk beristirahat dengan cukup dan hindari stres. Biasanya wanita yang banyak pikiran atau stres akan memiliki masalah sulit hamil dikarenakan otak mereka yang selalu bekerja dan berpikir keras. 

Hentikan Kebiasaan Burukmu! 

Apa saja sih hal-hal yang dianggap sebagai kebiasaan buruk disini? Untuk kamu yang memiliki gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, meminum alkohol, terlalu banyak kafein, junk food dan tentu saja narkoba, sebaiknya kamu hentikan mulai sekarang. Mungkin kamu memang tidak merasakan akibatnya secara langsung tapi dapat dipastikan beberapa hal tersebut bisa menjadi penyebab menurunnya kualitas sel telur kamu di waktu yang akan datang. 

BACA JUGA: Bahaya Rokok Bagi Kesehatan dan Kecantikanmu! Hentikan Mulai Sekarang!

Diet sehat

Percaya atau tidak, ternyata ukuran tubuh juga mempengaruhi pada kualitas sel telur. Lakukanlah diet sehat jika kamu mulai tidak percaya diri pada ukuran tubuh yang sekarang. Lakukan dengan cara berolahraga secara rutin, dan hindari minuman bersoda karena kandungan gula didalamnya akan sangat berbahaya bagi kamu yang sedang menjalankan diet sehat. 


Untuk kamu yang memiliki masalah kesuburan, tidak ada salahnya kamu memperbaiki gaya hidupmu seperti yang telah diungkapkan diatas. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dan akurat. Perhatikan juga kualitas bercinta kamu dan suami ya! 

BACA JUGA: 4 Tips Menjalin Hubungan yang Bahagia Bersama Pasangan