Featured Image Article 1149

Perawatan Tepat Mencegah dan Mengatasi Tumit Kering

Tumit kamu kering dan pecah-pecah? Atasi dengan melakukan perawatan tepat berikut ini.

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Skin Care

Kulit Tumit, Kulit Tiri, Tumit Kering

Ada anak tiri ternyata ada juga kulit tiri.

Akui saja, tumit merupakan bagian tubuh yang paling jarang kamu perhatikan bukan? Kasihan sekali memang tumit itu. Di antara bagian tubuh yang lain, kulit di area tumit lah yang paling banyak menerima tekanan-tekanan kasar setiap saat terutama ketika kita berdiri dan berjalan. Tapi sedihnya, kulit di area tumit pulalah yang paling sedikit menerima perawatan-perawatan lembut darimu. Itulah sebabnya, kulit tumitmu sekarang kering dan dalam keadaan pecah-pecah, kering dan tidak terawat.

BACA JUGA: Tumit Kering dan Pecah-Pecah? Kok Bisa Sih?

Kamu pasti merasa tidak nyaman tapi benar-benar tidak memiliki pengetahuan yang lebih mengenai cara perawatan tumit kaki. Karena itulah kamu tidak bisa melakukan apa-apa mengenai ini.

Padahal coba pikirkan. Kamu tiap hari berjalan kaki di rumah, di sekolah, di kantor, dan sebagainya. Kamu menggunakan sepatu, bisa berkeringat, lembab dan berbagai macam hal lainnya. Tiap menapak, kamu juga memberikan beban tersendiri pada kulit di area tumit kamu. Karena itulah mulai timbul pengelupasan dan efek kering pada bagian tumit kaki kamu.

Atasi dan Cegah Tumit Kering Sekarang Juga

Jadi bagaimana sebaiknya agar tumit kita tidak kering lagi? Sebaiknya kalian segera melakukan langkah dan saran yang kami anjurkan di bawah.

  •  Bersihkan kaki kamu setiap sebelum mau tidur dengan menggunakan sabun
  •  Setelah bersih, scrub bagian tumit kamu dan bagian-bagian kering yang butuh perhatian ekstra dengan batu scrub (atau kalau tidak ada batu apung juga boleh digunakan). Lakukan secukupnya.
  • Setelah selesai, basuh kaki kamu dengan air hangat secara langsung, atau dengan menggunakan kain yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat.
  • Baru setelahnya, rendam kaki kamu ke dalam ember yang berisi air hangat yang dicampur dengan 2 sdm garam dan 1sdm madu cair murni. Rendam kaki kamu selama 10 menit.

BACA JUGA: Masker Pisang, Sahabat Tumit Kering Kamu

  •  Langkah selanjutnya, rendam kaki kamu ke air dingin yang telah ditetesi dengan air jeruk nipis dan air seduhan teh. Biarkan lagi selama 5-10 menit.
  •  Keringkan kaki kamu dengan menggunakan handuk yang lembut hingga benar-benar kering.
  •  Terakhir, gunakan gerakan memijat dengan lembut menggunakan body lotion yang dapat sekaligus menjaga kelembaban kaki kamu setelah dibersihkan.

Lakukan perawatan ini satu atau dua minggu sekali saja. Lakukan sesuai dengan petunjuk, dan lakukan dengan konsisten, agar kamu dapat memiliki tumit yang cantik dan sehat idamanmu.