Featured Image Article 1196

DIY: Pembersih Wajah Alami untuk Kulit Wajah yang Lebih Sehat

Cantik itu tidak harus mahal karena beberapa bahan alami ini bisa kamu jadikan sebagai pembersih wajah alami yang segar dan bermanfaat.

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Skin Care

Sudah bukan rahasia lagi kalau wanita rutin menjaga kebersihan dan kesehatan wajah setiap hari, mulai dari menggunakan produk kosmetik sederhana hingga produk kosmetik yang mahal. Semuanya dilakukan demi memiliki wajah yang sehat dan bersih. Tapi pernahkah kamu mencoba membuat pembersih wajahmu sendiri?

Kalau kamu memiliki waktu luang, tidak ada salahnya lho mencoba membuat sendiri pembersih wajahmu. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang terjamin kehigienisan dan kualitasnya, bukan hanya membuat wajahmu jadi sehat kamu juga bisa menghemat pengeluaran untuk membeli produk pembersih wajah.

Bahan-bahan untuk Membuat Pembersih Wajah Alami: 

Yoghurt, Air Lemon dan Minyak Bunga Matahari

Campuran yoghurt tawar (plain), 1 sendok makan minyak bunga matahari dan satu setengah jus lemon dapat berfungsi sebagai susu pembersih yang melembapkan dan mengangkat kotoran pada kulit wajahmu. Ketiga bahan yang sudah dicampur dan diaduk rata bisa disimpan dalam botol tertutup rapat di lemari es supaya lebih tahan lama.

Cara penggunaannya juga mudah kok, kamu tinggal menuangkannya di telapak tangan dan memijat wajahmu dengan susu pembersih alami tersebut. Bila wajahmu dengan air hangat dan rasakan sensasi segar dan lembut yang begitu menakjubkan.

Segarnya Strawberry untuk Wajahmu

Tidak hanya enak dijadikan jus atau selai, strawberry yang mengandung asam salisilat juga bisa membantu mencerahkan kulit wajah dan membantu proses regenerasi sel-sel kulit. Kamu bisa membuat pembersih wajah berbahan dasar strawberry yang sudah dihaluskan dan dicampur dengan satu sendok makan madu atau satu sendok makan yoghurt. Gunakan campuran tersebut pada wajahmu selama 30 menit kemudian bilaslah dengan air dingin. Untuk mendapatkan kulit wajah yang lebih lembut dan kenyal, gunakan pembersih wajah alami berbahan strawberry ini secara rutin.

Potongan Lemon untuk Pembersih Wajah Alami

Jeruk lemon ternyata memiliki kemampuan astringent yang mampu memperkecil pori-pori dan meminimalkan kadar minyak pada kulit wajah lho! Jeruk lemon yang sudah kamu cuci bersih bisa dipotong menjadi 2 bagian lalu di gosokkan secara lembut pada permukaan wajah. Jika kamu memiliki kulit wajah yang kering kamu hanya perlu menggosokkan lemon tersebut selama 5 menit saja, sedangkan bila kulit wajahmu cenderung berminyak potongan lemon bisa dibiarkan semalaman. Setelah selesai menggunakan jeruk lemon jangan lupa bilas wajahmu dengan air hangat dan segera keringkan dengan handuk lembut yang bersih.


So ladies, jangan malas untuk mencari referensi resep pembersih wajah alami yang baik untuk kulit wajahmu ya. Pilihlah resep dengan bahan baku yang mudah didapat dan sesuai dengan kondisi kulit wajahmu.