Featured Image Article 1209

6 Kesalahan Yang Mungkin Dilakukan Saat Mencuci Rambut

Sekedar mencuci rambut ternyata tidak cukup untuk menjaga rambut tetap sehat, lembut dan berkilau. 6 kesalahan yang mungkin sering kamu lakukan ini bisa merusak rambutmu tanpa disadari.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Hair

Tahukah kamu bahwa ternyata sebagian besar dari kita melakukan kesalahan saat mencuci rambut? Mulai dari penggunaan shampo, air, hingga cara mengeringkan rambut. Semua itu berpengaruh pada kesehatan dan penampilan rambut lho! Perbaiki cara mencuci rambutmu jika kamu termasuk salah satu yang sering melakukan kesalahan dibawah ini:

Hanya Menggunakan Sampo Sekali

Sudahkah kamu mengikuti instruksi seperti yang tertera pada bagian belakang kemasan sampo yang kamu pakai? Sampo, bilas, kemudian ulangi. Agar rambut benar-benar bersih ternyata tidak cukup hanya dengan sekali sampo, ulangi penggunaan sampo dua kali agar tidak ada lagi kotoran yang tertinggal di rambut dan kulit kepala.

BACA JUGA: Seberapa Sering Sebenarnya Rambut Harus Dicuci?

Mencuci Rambut Dengan Air Panas

Mandi dengan air panas sepertinya memang menyenangkan, namun hal itu ternyata tidak baik untuk rambutmu, ladies. Air panas akan mengaktifkan kelenjar pada kulit kepala untuk memproduksi minyak sehingga rambut menjadi lebih berminyak dan lepek. Sebagai gantinya gunakan air hangat untuk mencuci rambutmu.

Meratakan Sampo Ke Seluruh Permukaan Rambut

Mencuci rambut yang tepat bukan hanya mengenai jenis shampo dan seberapa banyak sampo yang kamu pakai. Kebanyakan orang mengoleskan sampo ke seluruh bagian rambut di kepalanya, padahal cara pemakaian sampo yang benar adalah menggunakannya hanya pada permukaan kulit kepala dan akar rambut saja. Tidak perlu khawatir ujung rambutmu masih kotor karena pada saat membilas sampo akan mengalir dengan sendirinya ke seluruh bagian rambut dari pangkal hingga ke ujung rambut.   

Menggunakan Kondisioner Dari Pangkal Rambut

Selain shampo, kamu juga harus berhati-hati dalam memakai kondisioner. Kondisioner sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban dan kelembutan rambut sehingga lebih mudah ditata, namun kalau kamu menggunakannya dari pangkal rambut dan mengenai kulit kepalamu akan membuat akar rambut semakin berminyak. Oleskan kondisioner di bagian bawah rambut saja sehingga rambut sehat bercahaya.

BACA JUGA: Apakah Kamu Salah dalam Memakai Sampo dan Kondisioner? Cek Disini

Menggosok Rambut Usai Keramas

Tahap setelah mencuci rambut juga tidak kalah penting. Menggosok rambut begitu kamu selesai mencuci rambut dengan tujuan agar rambut cepat kering tidak disarankan. Ambil sisir bergigi jarang dan sisirlah rambut dengan perlahan ketika kondisioner masih menempel.

Terlalu Ekstrim Menggunakan Handuk  

Untuk mengeringkan rambut, seringkali kita menggosok rambut terlalu keras memakai handuk. Padahal hal tersebut akan membuat rambutmu lebih mudah rusak dan rontok. Balut rambut dengan handuk hingga berangsur kering atau peras air dari rambut dan usap secara lembut dengan handuk.  

BACA JUGA: Mitos Seputar Shampo dan Kondisioner


Nah ladies, mulai sekarang cuci rambutmu dengan benar dan dapatkan rambut yang lebih halus, bersinar dan mudah ditata.