Featured Image Article 1244

Cara Memakai Eyeliner Agar Mata Tampil Memukau dan Sehat

Penggunaan eyeliner bertujuan untuk mempertegas bentuk mata. Selain bentuknya perhatikan juga cara menggunakannya agar matamu tetap sehat.

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Makeup

Tampil cantik dengan bentuk mata memukau merupakan keinginan setiap wanita. Wajar jika kamu dan wanita lainnya sering menggunakan eyeliner untuk mempertegas bentuk mata. Pasti rasanya kurang lengkap kalau kamu bepergian keluar rumah tanpa menggunakan eyeliner terlebih dahulu.

BACA JUGA: Tips dan Trik Memakai Eyeliner bagi Pemula

Seru sekali mencoba berbagai macam goresan eyeliner pada mata tapi jangan lupa kalau kamu juga harus menjaga kesehatan matamu, ladies. Selain harus menggunakan produk eyeliner yang berkualitas kamu juga harus memperhatikan bagian mata tempat kamu menggunakan eyeliner. Banyak wanita yang gemar menggunakan eyeliner pada bagian waterline (tepat pada garis kelopak mata bawah) supaya bentuk mata jadi lebih bulat dan indah, padahal mengaplikasikan eyeliner pada waterline adalah kebiasaan yang keliru lho.

Disebut waterline karena garis kelopak mata bagian bawah menjadi bagian mata yang paling dekat dengan kelenjar produksi air mata. Menggunakan eyeliner di daerah waterline dapat menyebabkan kontaminasi zat kimia pada air mata. Disamping itu penggunaan eyeliner di daerah waterline juga berisiko membuat mata iritasi bila sensitivitas matamu tergolong tinggi. Selain meningkatkan risiko kesehatan bagi wanita yang tingkat sensitivitas matanya tinggi, wanita yang menggunakan contact lens juga tidak disarankan untuk menggunakan eyeliner di daerah waterline.

Lantas bagaimana ya cara menggunakan eyeliner yang tepat dan praktis?

  • Gunakan eyeliner tepat di bawah garis bulu mata supaya bisa membuat garis eyeliner yang rapi
  • Jika ingin membuat eyeliner dengan model “bersayap” di sudut mata, perhatikan bentuk segitiga yang ada di sudut mata
  • Membuat garis eyeliner gelap yang tegas bisa dimulai dengan mengaplikasikan eyeliner berwarna cerah sebelum menggunakan eyeliner yang berwarna gelap
  • Jika kamu berusaha membentuk garis yang sempurna namun mengalami kegagalan kamu bisa menghapus garis eyeliner tersebut dengan menggunakan cotton bud yang sudah diberi sedikit lotion
  • Masih merasa kesulitan untuk menarik satu garis eyeliner yang lurus? Buat saja titik-titik terlebih dahulu lalu hubungkan titik tersebut dengan satu tarikan garis
 

A photo posted by Camilla Norberg (@epicme_) on

BACA JUGA: Trik Pakai Eyeliner Sesuai Bentuk Mata

Beberapa tips mengenai penggunaan eyeliner ini bisa menjadi panduan bagi kita untuk menggunakan eyeliner secara mudah dan tepat. Kecantikan mata memang penting tapi jangan mengabaikan pentingya kesehatan matamu ya, karena mata yang sehat akan membuat penampilanmu jadi lebih natural dan mengesankan.