Featured Image Article 1253

Rajin Konsumsi Suplemen Minyak Ikan untuk Kulit Cantikmu

Meskipun bentuknya tak indah dan kadang berbau amis, ternyata suplemen minyak ikan punya manfaat baik untuk kulit dan rambutmu, Kawaii Ladies!

Meylisa Photo
Meylisa
Blogger
di Food

Bagi yang belum terbiasa mengonsumsi minyak ikan, pasti merasa aneh saat menelan suplemen yang satu ini. Bentuk kapsulnya yang cukup besar dan terkadang berbau amis seringkali menjadi alasan utama untuk tidak menelannya. Padahal, suplemen minyak ikan punya banyak manfaat untuk kulit dan rambutmu.

Apa itu suplemen minyak ikan?

Suplemen minyak ikan adalah suplemen bentuk kapsul berwarna bening dengan cairan minyak ikan didalamnya. Biasanya, kandungan pada suplemen minyak ikan diambil dari ikan kod dan salmon.

Suplemen minyak ikan mengandung omega 3, docosahexaenoic acid (DHA), dan eicosapentaenoic EPA di dalamnya. Berdasarkan The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology tahun 2008, kandungan omega 3 dalam minyak ikan dapat menyembuhkan radang kemerahan di wajah. Menurut Dr. Perricone, dengan mengonsumsi minyak ikan kamu bisa mendapatkan kulit yang indah dan sehat. Bahkan minyak ikan bisa mengurangi eczema dan rosacea.

Selain baik untuk kulit, ternyata suplemen minyak ikan juga bagus dikonsumsi untuk memperindah rambut. Study demartology Clinics ditahun 2013 melaporkan bahwa Omega 3 baik digunakan untuk menutrisi rambut agar rambut lebih kuat dan berkilau. Semakin bertambah usia kita, maka akan semakin sedikit minyak alami yang melubrikasi kulit kepala. Akibatnya, rambut akan kering, kusam, gata-gatal di kulit kepala dan mengakibatkan ketombe. Kandungan omega 3 dalam suplemen minyak ikan akan menambah lubrikasi minyak alami di folikel rambut, yang membantu agar rambut lebih sehat, kuat, dan bersinar.

Lalu, bagaimana kalau kurang suka mengonsumsi suplemen minyak ikan?

Kamu bisa mendapatkan manfaat omega 3 dengan mengonsumsi ikan-ikan laut seperti ikan kod ataupun salmon. Bisa juga mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond atau walnut. Suplemen minyak ikan ataupun makan ikannya langsung sama-sama sehat untuk tubuhmu!

BACA JUGA: 3 Ikan Lokal yang Bisa Jadi Sahabat Perut Ibu Hamil dan Menyusui