Featured Image Article 1349

Menonton Acara Memasak Di Televisi Bikin Kamu Gendut, Benarkah?

Apakah benar menonton acara memasak di televisi dapat membuat bikin gendut? Yuk cari tahu kebenarannya!

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Diet

Hal-hal apa saja yang sering kamu lakukan di waktu senggang, ladies?

Ah, bahagianya kalau bisa bersantai sejenak di tengah padatnya rutinitas. Duduk manis di sofa empuk sambil mengganti-ganti saluran televisi menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan di waktu senggang. Bahagia itu memang sederhana!

Akan tetapi kamu harus semakin selektif dalam menonton acara televisi ya, ladies. Apalagi saat kamu memutuskan untuk menonton acara memasak di televisi secara teratur. Pasalnya, sebuah penelitian yang dirilis di Journal Appetite menyatakan bahwa wanita yang sering menonton acara memasak di televisi dan mempraktikkan resepnya ternyata memiliki rata-rata Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih besar daripada wanita yang mendapatkan resep makanan dari sumber lain.

Mengapa Hal Tersebut Bisa Terjadi?

Biasanya acara memasak di televisi menyajikan resep-resep menggiurkan lengkap dengan step by step yang sangat detail. Resep makanan yang disajikan cenderung memiliki kandungan kalori yang tinggi dan disajikan dalam porsi yang besar. Hal ini yang bisa menyebabkan berat badanmu bertambah kalau kamu rajin mempraktekkan resep-resep dari acara televisi.

BACA JUGA: WOW! Beberapa Makanan Ini Ternyata Bisa Mempercepat Pembakaran Kalori

Lalu, Bagaimana Solusinya?

Kamu tidak perlu khawatir kalau kamu memang suka menonton acara memasak di televisi. Karena sebenarnya kalau hanya menonton tentu tidak akan mempengaruhi berat badan dan kesehatanmu. Yang harus kamu perhatikan adalah resep-resep menggiurkan yang membuat kamu tergoda untuk mencobanya. Sebaiknya kamu mempraktekkan resep tersebut dengan cara dan bahan makanan yang lebih sehat daripada langkah-langkah yang ditayangkan di televisi.

Misalnya saja kalau kamu tertarik untuk membuat salad dengan dada ayam, kamu bisa mengganti penggunaan mayones dengan bahan dressing yang lebih sehat. Atau kamu juga bisa mengganti penggunaan sosis dengan daging segar yang kandungan lemaknya lebih rendah. Kamu pasti akan mahir berkreasi jika sering mengikuti blog yang berisi panduan resep makanan sehat.

BACA JUGA: Sushi dan Sashimi Ternyata Tidak Sehat!


Nah, daripada kamu hanya bermalas-malasan sepanjang hari di sofa lebih baik kamu bergegas membeli bahan-bahan makanan sehat untuk membuat kreasi hidangan bergizi yang tak kalah lezat dengan resep makanan di televisi. Yuk mulai kebiasaan sehat dari hal-hal kecil dalam kehidupanmu. Karena hidup sehat  dapat membuatmu menjadi semakin bersemangat dan cantik!

BACA JUGA: Perpaduan dari 5 Makanan Lezat Ini Ternyata Kurang Baik Bagi Kesehatan