Featured Image Article 1383

Akhirnya Peneliti Menemukan Penyebab Asma!

Penderita asma pasti menghindari penyebab asma kambuh seperti debu dan udara dingin. Ternyata, penyebab utama asma bukan kedua hal itu lho. Yuk baca untuk tahu hasil penelitian terbaru untuk asma!

Meylisa Photo
Meylisa
Blogger
di News

Peneliti Cardiff University di Wales, Inggris menyatakan bahwa mereka sudah menemukan akar sebab penyakit asma. Mereka menyatakan, bahwa penemuan ini bisa membantu menemukan perawatan bagi asma untuk lima tahun kedepan. Mereka membuktikan bahwa indera reseptor (CaSR-Calcium Sensing receptor) pada orang dengan penyakit asma lebih overaktif dibanding orang non-asma.

Apa itu CaSR?

CaSR, calcium sensing receptor atau indera reseptor yang ada jaringan masuk udara pada tubuh manusia. Semua manusia normal tentu memiliki CaSR, namun reaksinya terhadap udara tentu berbeda. Pada penderita asma, CaSR bereaksi overaktif dan menyebabkan jaringan masuk udara jadi meradang dan menyempit. Akibatnya, asma yang ditunjukkan dengan reaksi bersin, batuk, dada sesak dan sulit bernapas.

BACA JUGA: Bahaya Rokok Bagi Kesehatan dan Kecantikanmu! Hentikan Mulai Sekarang!

Setelah menemukan hal ini, peneliti menemukan bahwa obat yang dibutuhkan penderita asma adalah obat Calcilytics, yang berfungsi untuk deaktivasi CaSR. Obat ini merupakan obat yang melawan reaksi CaSR sehingga mengurangi gejala-gejala asma. “Jika kami bisa membuktikan bahwa proses ini aman, maka lima tahun kedepan kami bisa merawat pasien hingga hilang asmanya” ujar Professor daniela Ricardi, pemimpin penelitian.

Asma telah menginfeksi banyak orang di dunia dan jika penelitian ini berhasil, tentu berita ini adalah berita paling menyenangkan untuk para penderita asma.

BACA JUGA: Awas, 3 Penyakit Ini Paling Mematikan Bagi Wanita