Featured Image Article 1388

Hati-Hati! Asap Dapur Ternyata Bisa Sebabkan Iritasi Saluran Pernafasan dan Kanker!

Apakah kamu menghindari asap rokok dan kendaraan bermotor karena kesehatan? Ternyata asap dari dapur juga harus kita hindari lho!

serlly Photo
serlly
Contributor
di Health

Tanpa disadari, memasak juga menimbulkan asap, terlebih jika memasaknya dengan cara tradisional yang menggunakan kayu bakar. Asap yang dihasilkan dari dapur ternyata sama bahayanya dengan asap yang dihasilkan dari asap rokok maupun kendaraan bermotor yang berbahaya bagi kesehatan, khususnya pada organ pernafasan yang harus disiasati dengan sistem ventilasi yang baik. 

Selain memastikan dapur memiliki ventilasi yang baik, kamu juga harus memasang alat penghisap asap dapur (cooker hood) yang dapat dimanfaatkan untuk meminimalislisir paparan asap dapur, terutama pada saat memasak masakan yang berat, butuh waktu cukup lama untuk memasaknya sehingga asap pun akan terus keluar.

Hasil pembakaran di dapur dapat membahayakan sistem pernafasanmu, ladies! Selain dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan, asap daput juga dapat membuatmu terkena kanker. Tidak banyak wanita yang menyadari adanya bahaya dari asap yang dihasilkan di dapur tersebut, khususnya wanita Indonesia yang sering kali memasak dengan penuh asap seperti saat sedang menggoreng. Padahal dampak yang dikeluarkan tidak hanya batuk-batuk saat menghirup asap yang berasal dari dapur.

Asap yang masuk ke oksigen dapat merusak sel dalam tubuh jika dihirup dalam jangka waktu yang panjang. Paparan asap juga bisa merusak kulit, bahkan bisa memicu terjandinya kanker nesofaring. Kanker nesofaring adalah kanker yang tumbuh pada rongga belakang hidung. Jadi jangan meremehkan asap dapur! Jika asap dari masakan di dapur cukup banyak tentunya akan sangat berbahaya bagi rumah yang jarang ada ventilasinya.

Mulai sekarang waspadalah terhadap bahaya yang ditimbulkan oleh asap masakan di dapur ya, ladies.