Featured Image Article 1395

Silica Gel Ternyata Bisa Memperbaiki Ponsel Rusak Terkena Air

Kamu tahu tidak benda kecil yang dibungkus setiap kita beli suatu makanan, obat-obatan atau bahkan alat elektronik. Itu apa ya namanya? Dan apa sih fungsi benda kecil itu?

Intan A. Photo
Intan A.
Contributor
di Lifestyle

Pernahkah kamu ketika membeli makanan atau alat elektronik dan menemukan kemasan kecil dengan butiran-butiran bening didalamnya? Yap! Benda tersebut adalah silica gel, atau sering disebut sebagai bahan pengawet. Tapi apa sih fungsi sebenarnya silica gel tersebut?

Silica gel adalah butiran seperti kaca dengan bentuk yang sangat berpori, merupakan mineral alami yang dimurnikan dan diolah menjadi salah satu bentuk butiran atau manik-manik.

Silica gel dihasilkan melalui penggumpalan sol natrium silikat (NaSiO2). Sol mirip agar-agar ini dapat didehidrasi sehingga berubah menjadi padatan atau butiran mirip kaca yang bersifat tidak elastis. Sifat ini menjadikan silica gel dimanfaatkan sebagai zat penyerap, pengering dan penopang katalis. Garam-garam kobalt dapat diabsorpsi oleh gel ini.

Silica gel memiliki pengaruh yang besar pada setiap kemasan produk yang kamu beli. Silica gel ternyata dapat mencegah terbentuknya kelembapan yang berlebihan sebelum terjadi. Untuk menjaga kualitas produknya, para produsen selalu menggunakan silica gel dalam setiap pengiriman barang-barang mereka yang disimpan dalam kotak. Silica gel merupakan produk yang aman digunakan untuk menjaga kelembapan makanan, obat-obatan, bahan sensitif, elektronik dan film sekalipun.

Produk anti lembap ini menyerap lembap tanpa mengubah kondisi zatnya. Silica gel yang paling sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari kamu, biasanya berukuran 2 x 3 cm. Karena ini zat kimia ini beracun maka pada bungkus gel ini biasa terdapat peringatan untuk tidak dimakan isinya.

Manfaat Lain Silica Gel

Ladies, tahukah kamu kalau silica gel juga bisa digunakan untuk memperbaiki ponsel yang rusak akibat terkena air? Jika kamu mengalami hal ini suatu hari, segera matikan ponselmu, kemudian letakan ponsel dan silica gel dalam satu kotak atau kaleng yang sama. Diamkan selama kurang lebih 2 hari penuh, agar silica gel akan menyerap kelembapan pada ponselmu, dan abracadabra! ponselmu bisa kembali berfungsi seperti semula! 

Jadi, jangan sedih jika kamu mengalami masalah ini suatu hari nanti, karena kamu sudah tahu cara mengatasinya. Bagikan juga informasi ini untuk teman dan kerabatmu agar lebih berguna!