Featured Image Article 1403

Menghilangkan Bulu dengan Perawatan IPL, Baik atau Tidak?

Banyak teknik yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bulu yang tidak diinginkan. Teknik yang sedang populer saat ini adalah IPL Hair Removal. Tapi apakah benar teknik ini tepat untuk orang Asia?

Leonita Photo
Leonita
Blogger
di Lifestyle

Bagi wanita, bulu yang tumbuh pada beberapa area tubuh seperti ketiak, kaki, dan wajah merupakan hal yang dapat mengganggu penampilan dan kepercaya diri. Tentunya banyak teknik yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bulu-bulu yang tidak diinginkan ini seperti mencukur, waxing dan teknik terbaru yang sedang populer yaitu IPL (Intense Pulse Light) Hair removal. Banyak salon-salon perawatan kecantikan yang mempunyai perawatan menghilangkan bulu menggunakan teknik IPL ini. Namun, apakah teknik yang telah banyak digunakan di Amerika ini juga tepat para wanita Asia?

BACA JUGA: Panduan Tepat Mencukur Bulu Halus Untuk Wanita

Apa Itu IPL Hair Removal?

IPL Hair Removal merupakan sinar yang mempunyai panjang gelombang sekitar 450-15.000, dengan daya yang tinggi sehingga mampu menembus kulit dan elemen-elemen spesifik yang menjadi target di dalam kulit seperti melanin, melisma dan folikel rambut. Setelah menghancurkan elemen yang menjadi target, tubuh dengan sendirinya akan menyingkirkan jaringan yang luka. Dengan hasilnya yang cukup efektif, praktis dan juga tanpa rasa sakit, teknik hair removal menggunakan IPL ini menjadi cukup populer belakangan ini.

Perlu disadari bahwa dalam perawatan awal, hanya sekitar 20 -30% bulu yang tercabut secara permanen. Sehingga proses untuk menghilangkan bulu setidaknya membutuhkan enam sampai delapan sesi untuk membuat bulu-bulu yang tidak diinginkan hilang secara permanen. Teknik berteknologi tinggi dengan peralatan spesifik ini harus dilakukan oleh ahlinya, sehingga sangat penting untuk mengunjungi tempat yang sudah terpercaya.

BACA JUGA: 9 Bahan untuk Memutihkan Ketiak yang Menghitam

Apakah IPL Cocok untuk Kulit Orang Asia?

Menurut Whitney Bowe MD, dermatology dari New York City, Amerika Serikat, teknik menghilangkan bulu menggunakan IPL Hair Removal kurang bekerja dengan baik untuk wanita yang mempunyai kulit berwarna sedang hingga gelap karena rona kulit mereka membuat laser sulit fokus pada bulu. Hal ini juga berlaku untuk wanita yang memiliki bulu yang tipis.

Untuk itu, sebelum melakukan hair removal dengan teknik IPL ini, diperlukan beberapa perawatan yang harus dijalani, seperti dengan memastikan bulu cukup panjang agar dapat dideteksi oleh sinar laser. Selain itu, area yang akan terkena laser juga sebaiknya dilakukan pendinginan terlebih dahulu untuk menghindari efek yang tidak diinginkan seperti kulit terbakar.

Nah ladies, jika ingin mencoba teknik hair removal ini, sebaiknya pilih salon kecantikan yang sudah ahli dan terpercaya ya! Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

BACA JUGA: REVIEW: ZAP Permanent Hair Removal