Featured Image Article 1418

Usir Jerawat Punggung Dengan 5 Resep Homemade Ini!

Selain di wajah, jerawat juga sering muncul di punggung. Faktor kebersihan dan hormonal biasanya menjadi penyebab jerawat tersebut. 5 resep mudah ini bisa membantumu mengatasinya dengan efektif.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Skin Care

Jerawat punggung tidak hanya membuat kurang nyaman, namun juga dapat mengurangi penampilan dengan bekas-bekas yang ditinggalkannya. Jerawat di bagian punggung seringkali disebabkan karena kurangnya memperhatikan kebersihan di daerah tersebut. Keringat dan kotoran yang menempel memang lebih sulit dijangkau, sehingga kita sering melewatkannya.

Kalau punggungmu berjerawat dan belum bisa juga mengatasinya, kamu wajib mencoba beberapa resep homemade berikut. Selain mudah, resep ini juga ampuh membuat kulit punggungmu halus dan bebas dari jerawat.

Cuka Apel

Cairan asam yang satu ini juga sangat ampuh mengusir jerawat di punggung. Cuka apel menyeimbangkan pH tubuh sehingga dapat mengurangi jerawat. Bahan ini juga memiliki kandungan antibakteri dan anti radang, yang tidak hanya cocok untuk jerawat di punggung, namun juga jerawat di wajah dan bagian tubuh lainnya.

Cara Membuat:

Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1:2. Gunakan air yang disuling jika memungkinkan. Masukkan ke dalam botol spray, lalu semprotkan cairan ini ke punggungmu sebelum tidur atau gunakan selama 10-20 menit sebelum membilasnya di siang hari. Kamu bisa juga menggunakan kapas untuk mengoleskan cairan ini ke punggung.   

BACA JUGA: Cuka untuk Rambut Indah Berkilau

Masker Kayu Manis dan Madu

Kayu manis merupakan bahan antibakteri yang sangat ampuh. Mengkonsumsi kayu manis bahkan bisa mengatasi infeksi jamur. Dikombinasikan dengan madu, kayu manis adalah bahan alami yang cukup efektif untuk menghilangkan kotoran dan bakteri yang menyebabkan jerawat di punggung.

Cara Membuat: 

Siapkan 1 sdt kayu manis, 1 sdt madu, dan ½ sdt perasan lemon segar. Campur semua bahan, dan oleskan pada punggungmu selama 15-20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

BACA JUGA: Kayu Manis Dalam Dunia Kecantikan

Baking Soda

Siapa sangka baking soda ternyata bisa digunakan untuk mengatasi jerawat punggung? Bahan ini sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar pH tubuh, serta berperan sebagai antiseptik dan anti radang yang bisa mengatasi iritasi dan bengkak karena jerawat. Di samping itu, baking soda akan membuka pori-pori kulit sehingga bisa membuang kotoran dan sel-sel kulit mati penyebab jerawat.

Cara Membuat: 

Buatlah pasta baking soda dengan mencampurkan 1 sdt bahan ini dengan air secukupnya. Oleskan secara merata di bagian punggung yang berjerawat, biarkan selama 10-15 menit. Kemudian bilas sampai bersih.

BACA JUGA: Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Wajah dan Kulit​

Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini sudah sudah cukup dikenal akan khasiatnya dalam dunia kecantikan dan kesehatan. Lidah buaya bisa mengatasi jamur dan memiliki kandungan yang bisa mempercepat regenerasi sel. Menggunakan bahan ini secara teratur akan membuat kulit semakin halus dan lembut. Proses penyembuhan jerawat pun semakin cepat dengan meningkatnya pertumbuhan sel-sel baru.

Cara Membuat: 

Potong daun lidah buaya, dan ambil bagian dalamnya dengan jari. Oleskan pada punggung yang berjerawat 3-4 kali setiap hari untuk hasil yang maksimal. Gel lidah buaya juga akan memberikan efek dingin yang bisa mengurangi rasa tidak nyaman akibat jerawat di punggung.

BACA JUGA: Kulit dan Rambut Sehat Dengan Aloe Mist Buatan Sendiri


Selain menggunakan resep-resep ini dengan teratur, kamu sebaiknya juga mencegah jerawat muncul kembali dengan selalu menjaga kebersihan, hidup sehat, serta mengurangi stres yang bisa memicu kembalinya jerawat.

Tunggu apalagi, segera coba dan buktikan khasiatnya yuk!