Featured Image Article 1420

Tangan Sering Gemetar? Jangan-Jangan Kamu Terkena Penyakit Ini

Kita bisa mendeteksi gejala penyakit dari tangan. Penyakit apa saja sih yang bisa kita ketahui gejalanya dari tangan?

Meydiana Photo
Meydiana
Contributor
di Health

Tangan merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peranan besar dalam kehidupan. Sebagian besar aktivitas kita jalani dengan menggunakan tangan. Meskipun begitu, kebanyakan dari kita tidak terlalu memerhatikan kondisi tangan. Ketika tangan gemetar, kulitnya kering dan mengelupas, atau kukunya patah, kadang kita tidak menganggapnya sebagai hal besar. Tetapi, tahukah kamu, bahwa kondisi tangan bisa menggambarkan kondisi tubuh? Apa sajakah gejala penyakit yang bisa kita ketahui dari kondisi tangan? Yuk, klik NEXT untuk mengetahuinya!

Tangan Gemetar

Jika tanganmu sering gemetar, ini bisa jadi suatu indikasi bahwa kamu terlalu banyak mengonsumsi kafein. Terlalu banyak mengonsumsi obat antidepresi juga bisa membuat tanganmu sering gemetar. Jika kamu rasa tanganmu terlalu sering gemetar, sebaiknya kamu periksakan ke dokter karena ini merupakan gejala penyakit parkinson. Penyakit parkinson adalah penyakit degeneratif syaraf yang menyerang 1 dari 250 orang dewasa.

Bintik Coklat 

Terlalu sering terpapar sinar UV bisa memicu timbulnya bintik-bintik kecoklatan di kulit tanganmu. Dengan menggunakan lotion yang mengandung SPF, bintik-bintik coklat tidak akan muncul mengganggu kesehatan kulitmu. 

Kuku yang Rapuh dan Patah

Jika kukumu sering terlihat rapuh atau bahkan sampai patah, itu merupakan pertanda bahwa kamu kekurangan zat besi. Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh karena merupakan bagian dari banyak hal dalam tubuh, salah satunya hemoglobin. Hemoglobin sel darah merah inilah yang membawa oksigen ke sel-sel dalam tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia.

Kulit Kering dan Gatal 

Apabila tanganmu terasa kering dan gatal, mungkin saja itu disebabkan oleh eksim, yaitu penyakit kulit yang menyebabkan kulit menjadi kering dan gatal atau ruam. Cobalah mulai sekarang kamu gunakan lotion yang mengandung vitamin A.

Kulit Mengelupas

Kulit tanganmu sering mengelupas? Mungkin kamu kekurangan vitamin B, ladies! Coba, kamu lengkapi asupan vitamin B kamu dari makanan-makanan sehat seperti ikan dan kacang-kacangan.  Kekurangan vitamin B dapat menurunkan daya konsentrasimu, depresi, mudah marah, serta membuat denyut jantung tidak beraturan.

Ujung Jari Membiru

Jika ujung jarimu membiru, bisa jadi indikasi bahwa kamu mengidap penyakit Raynaud Syndrome, yaitu penyakit dengan kondisi yang menyebabkan munculnya rasa dingin di jari tangan dan kaki disertai munculnya rasa nyeri. Raynaud Syndrome dapat membuat sirkulasi darahmu terganggu, karena itu sebaiknya kamu langsung periksa ke dokter jika melihat gejala penyakit ini. 


Apakah kamu mengalami salah satu dari 6 gejala di atas? Coba perhatikan tanganmu sekarang, ladies!