Featured Image Article 1437

Menstrual Cup: Alternatif Pembalut dan Tampon

Selain pembalut biasa dan tampon, kini ada pilihan pembalut baru yang bisa dipakai saat haid, yaitu Menstrual Cup!

Hikma Photo
Hikma
Contributor
di Lifestyle

Saat sedang haid dan aktivitas cukup banyak, bila menggunakan pembalut biasa, rasanya kurang pas ya, ladies. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan tampon. Tetapi, banyak wanita yang tidak terlalu menyukai tampon karena cenderung membuat vagina kering. Selain itu ada alat lain yang berfungsi sebagai pembalut wanita yaitu “Menstrual Cup”.

“Tidak seperti tampon yang tidak dapat digunakan lebih dari 8 jam, menstrual cup dapat digunakan hingga 12 jam,” ucap Miriam Greene, MD, asisten profesor kebidanan dan ginekologi di New York University School of Medicine, Amerika Serikat.

BACA JUGA: Bahaya Kandungan Klorin Pada Pembalut & Pantyliner!

Menstrual cup juga tidak meninggalkan serat yang bisa membuat vagina tergores dan membuatnya menjadi kering. Karena tidak mengandung lateks, menstrual cup ini sangat cocok untuk yang memiliki alergi pada lateks. Selain itu, ukurannya hanya satu dan bisa digunakan siapapun. Jika dipasang dengan cara yang benar dan pas, penggunanya juga tidak akan merasakan kalau terdapat cup dalam vagina.

Kekurangan pembalut ini adalah, pemakaiannya yang sedikit rumit. Cup harus ditekan di bagian pinggir dengan jari-jari dalam vagina di bawah leher rahim dan membuat bentuk mangkuk. Mangkuk tersebutlah yang akan menampung aliran darah.butuh beberapa kali untuk mencobanya supaya pas dan nyaman digunakan. Tetapi, bagi pengguna IUD, tidak boleh menggunakan “Menstrual Cup” karena bisa membuatnya tidak berfungsi.

BACA JUGA: Penyebab Gatal Pada Vagina yang Harus Kamu Ketahui!