Featured Image Article 1462

4 Langkah Mudah Lenyapkan Lemak Perut

Yuk, raih perut rata dengan 4 tips mudah ala personal trainer ini!

Leonita Photo
Leonita
Blogger
di Diet

7 dari 10 wanita mengalami penurunan rasa percaya diri akibat lemak pada perutnya. Jika kamu salah satu dari 7 wanita tersebut, mungkin saja aktivitas sehari-hari yang begitu padat membuatmu tidak sadar bahwa kamu tidak menjalani pola hidup yang seimbang. Akibatnya, lemak perut menumpuk begitu saja tanpa penyelesaian. Penasaran bagaimana cara sederhana untuk mendapatkan perut yang rata? Berikut adalah 4 tips mudah a la personal trainer untuk memperoleh perut rata idamanmu!

Hindari Makanan Berkabohidrat Tinggi Setelah Olahraga

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi seperti roti dan pasta dapat menyerap lebih cepat ke dalam tubuh. Sebaiknya, ganti asupan karbohidrat tinggi ke karbohidrat yang lebih rendah seperti sayur dan buah-buahan. Selain itu, sayuran dan buah-buahan yang kaya akan serat juga dapat membuat kamu lebih cepat merasa kenyang dan gula yang terkandung didalamnya juga tidak tinggi. Menurut Dr. John Berardi dari Precision Nutrition, tubuh kita akan lebih cepat memproses karbohidrat ketika selasai berolaharaga, sehingga mengkonsumsi karbohidrat yang berkadar rendah dapat menjadi energi langsung untuk kembali beraktivitas tanpa disimpan di dalam tubuh yang biasanya dijadikan lemak oleh tubuh.

Olahraga Maksimal

Mulailah untuk berolahraga yang dapat menggerakan seluruh otot-otot di tubuhmu. Semakin banyak otot yang bergerak, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar pada saat dan setelah berolahraga. Ternyata setelah berolaharaga, tubuh kita masih tetap akan membakar kalori, lho! Proses ini disebut EPOC (Excess Post-Exercise Oxygen Consumption). Ketika berolah raga, tubuh akan mulai menaikan aktivitas metabolisnya sehingga tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen. Tubuh bereaksi lebih lama untuk memberikan asupan oksigen yang diminta oleh tubuh itu sendiri sehingga tubuh mempunyai ‘hutang oksigen’ selama berolahraga. Ketika selasai berolahraga, tubuh akan mulai ‘membayar’ oksigen yang sudah dihabiskan tersebut. Tubuh memerlukan energi dan nutrisi untuk menangkap oksigen. Hal inilah yang membuat kalori dalam tubuh tetap terbakar walaupun olahraga sudah usai.

High Intesity Exercise

Salah satu alasan paling umum untuk tidak berolahraga adalah kurangnya waktu untuk berolahraga itu sendiri. Dengan tidak berolahraga, pastinya perlahan-lahan akan mulai muncul timbunan lemak terutama pada bagian perut. Menurut hasil studi Universitas Canada’s McMaster, olahraga HIIT (High Intesity Interval Training) selama beberapa saat menghasilkan hasil yang hampir sama dengan berlari berjam-jam di mesin treadmill.

Tulis Makanan yang Telah Dikonsumsi

Gaya hidup yang sibuk sering kali membuat kita lupa dengan makanan yang telah kita makan. Hal ini merupakan salah satu pemicu timbulnya lemak-lemak pada area tubuh terutama pada bagian perut. Cobalah untuk menuliskan jam dan makanan apa saja yang telah dimakan dan dan tidak lupa untuk menuliskan efek apa yang terjadi setelah mengkonsumsi makanan tersebut. Cobalah cara ini selama 30 hari. Dengan catatan-catatan ini, kamu akan mudah tahu kapan sebenarnya tubuh kekurangan energi dan kapan kamu makan hanya karena bosan dan kurang puas dengan makanan yang dimakan sebelumnya. Ini juga merupakan salah satu cara untuk mengontrol makanan yang kamu makan menjadi lebih sehat lho!


Gimana? Mudah bukan? Yuk, raih perut rata impianmu dengan 4 langkah mudah ini!