Featured Image Article 1470

Wajah Bebas Komedo dengan 5 Cara Mudah Ini!

Bintik hitam atau komedo yang muncul di wajah, seringkali membuat kamu jadi kurang percaya diri. Yuk intip cara mudah menghilangkan komedo yang mengganggu penampilanmu!

Intan A. Photo
Intan A.
Contributor
di Skin Care

Kamu tahu tidak ladies? Ternyata komedo merupakan tahap awal jerawat! Komedo terbentuk saat folikel rambut tersumbat, sehingga membentuk benjolan dengan permukaan yang berwarna kehitaman. Komedo sering terbentuk di wajah, namun komedo juga bisa muncul di daerah lain seperti bahu, punggung, dada, dan juga siku lengan. Namun tempat favorit para komedo biasanya berada di area hidung. Lalu bagaimanakah cara mencegah terjadinya komedo? Yuk simak beberapa cara mencegah komedo berikut ini!

Pilih Pembersih Wajah yang Tepat

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mencegah munculnya komedo adalah memilih pembersih wajah yang tepat. Pilihlah pembersih wajah dengan kandungan bahan yang tepat dan hindari pembersih wajah dengan kandungan bahan yang keras, karena akan menghasilkan minyak pada wajah dan secara tidak langsung akan menimbulkan komedo.

Kurangi Pemakaian Make Up

Gunakanlah make up hanya pada saat kamu perlukan. Kenapa begitu? Karena make up yang kamu gunakan akan mengakibatkan komedo jika tidak dibersihkan dengan benar. Sisa-sisa makeup yang menempel akan membuat kulitmu menjadi tidak sehat dan rusak.

Membersihkan Sarung Bantal

Pada umumnya sarung bantal tertempel oleh sel kulit mati dan juga minyak dari wajah saat tidur. Mencuci dan mengganti sarung bantal dengan rutin merupakan salah satu cara menjaga agar kulit senantiasa bersih dan bebas dari komedo. Bukan hanya itu, sarung bantal yang tidak diganti secara rutin akan menimbun banyak debu dan membuat kulit tertempel kotoran. So, rajin-rajin mengganti sarung bantalmu ya ladies!

Pembersih Alami

Untuk mengatasi ataupun mencegah komedo datang mengangganggu, sebaiknya kamu tidak lupa untuk menghapus sisa-sisa makeup yang menumpuk. Salah satu caranya adalah, dengan menggunakan masker berbahan dasar alami seperti masker buah atau tumbuh-tumbuhan lainnya yang bebas bahan kimia. 

Penguapan

Cara lainnya, kamu bisa membasuh wajahmu dengan air hangat atau melakukan penguapan pada wajah untuk membuka pori-pori kamu. Jika kamu malas melakukannya sendiri, kamu bisa pergi ke salon secara rutin untuk melakukan penguapan pada wajah. 

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat ya ladies!