Featured Image Article 1489

4 Penyebab Tidur Mendengkur Pada Perempuan

Ngorok atau mendengkur bisa dialami siapapun baik laki-laki maupun perempuan dan tentu saja hal tersebut membuat tidak nyaman. Mendengkur bukan berarti kamu tidur nyenyak lho! Ini dia penyebabnya!

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Lifestyle

Masalah tidur mendengkur tidak hanya terjadi pada pria, tapi juga bisa terjadi pada wanita. Tapi, entah mengapa, mendengkur lebih dianggap tidak wajar jika terjadi pada perempuan dibandingkan dengan pria. Salah satu hal yang sering dijadikan alasan asalah budaya Indonesia yang masih ketimuran dan menganggap wanita harus lebih ‘kalem’ dalam bertindak daripada laki-laki termasuk soal tidur dan mendengkur.

Sebenarnya, apa sih penyebab mendengkur itu, terutama pada perempuan? Yuk kita bahas sama-sama ya!

Sleep

Nah, ladies, di atas itu tadi merupakan beberapa penyebab-penyebab dengkuran yang paling sering ditemukan pada wanita. Apakah kalian merasa kalau penyebab di atas adalah penyebab dengkuran kalian? Coba cari cara mengatasinya sekarang. Mungkin dengan diet, atau mengubah posisi tidur. Sebab jika dibiarkan dengkuran kamu dapat mengganggu orang, terutama kamu yang sudah memiliki pasangan.

Bagi yang belum, dengkuran tetap membahayakan karena di satu titik bisa menyumbat nafasmu cukup lama. Bahaya kan kalau kelewatan, salah-salah bisa ‘lewat’. Hayoo, serem kan ya! Jadi yuk, sama-sama cari cara terbaik untuk mengatasi atau paling tidak meminimalisir dengkuran kita! ;)

BACA JUGA: Lepas Bra Saat Tidur Bisa Memperbesar Payudara? Benar Tidak Sih?

THT

Penyakit di Area THT

Beberapa penyakit yang sering menjangkit area THT (Telinga, Hidung, dan Tenggorokan) adalah infeksi dan radang. Penyakit-penyakit seperti sinus, pilek, dan alergi pada beberapa makanan bisa membuat saluran napas terhambat, sehingga kamu yang memiliki contoh-contoh gangguan di atas juga cenderung lebih mudah mendengkur. Kalau kamu merokok, mungkin kamu bisa mempertimbangkan untuk mengurangi kebiasaan merokokmu mulai sekarang seandainya kamu ingin berhenti mendengkur.

Posisi Tidur

Posisi Tidur

Masalah yang satu ini bisa terjadi pada kamu yang laki-laki maupun perempuan. Orang cenderung lebih mudah mendengkur ketika sedang tidur dalam posisi terlentang. Karena pada posisi itu, lidah bagian pangkal terjatuh ke bawah karena tertarik gravitasi sehingga agak sedikit menutupi tenggorokan dan menghambat saluran pernafasan.

BACA JUGA: Yang Mana Posisi Tidur Paling Ideal untuk Kamu?

Obesitas

Kegemukan atau Obesitas

Faktor berat badan yang berlebih merupakan salah satu penyebab kamu tidur mendengkur. Mengapa? Ketika berat badan kita sudah melebihi dari yang seharusnya, biasanya akan muncul timbunan lemak di area leher, sehingga ketika tidur, saluran pernapasan yang berada di sekitar leher tertekan oleh lemak. Saluran pernapasan yang menyempit ini menimbulkan suara mendengkur ketika udara berjalan melewatinya.

menopouse

Menopause

Nah, ini salah satu faktor mendengkur yang jarang ditemukan pada pria karena berhubungan dengan hormon. Kebanyakan perempuan yang berusia di atas 40 tahun memiliki kebiasaan tidur mendengkur. Karena pada usia tersebut umumnya mereka sudah memasuki usia menopause. Pada masa menopause produksi esterogen pada wanita berkurang, sehingga stimulan pada saluran nafas juga berkurang. Itulah penyebab keluarnya dengkuran pada wanita di era menopause-nya.

BACA JUGA: Semua Salah Hormon! Benarkah?