Featured Image Article 1491

Cara Sederhana Mengatasi Tidur Mendengkur

Kamu tidur mendengkur? Kalau kamu tidur dengan banyak orang pasti akan sangat mengganggu ya. Yuk hentikan mulai sekarang!

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Lifestyle

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya dalam Kawaii Beauty Japan, mengenai 4 penyebab tidur mendengkur pada wanita. Maka kali ini saya akan membahasa mengenai cara mengatasi tidur mendengkur agar aktvitas tidur kamu dan orang disekitarmu semakin menyenangkan. Here we go!

Bereskan Masalah Berat Badan Kamu

Faktor utama yang dibahas sebelumnya mengenai penyebab orang mendengkur adalah masalah berat badan yang berlebihan. Tubuh yang kegemukan dapat mengakibatkan adanya penimbunan lemak dan terjadinya penyempitan pembuluh darah, terutama di area leher kamu. Karenanya, mulai sekarang, coba turunkan berat badan kamu dengan mengurangi makanan-makanan berlemak dan berkalori tinggi serta olahraga teratur.

Jangan lupa perhatikan juga pola makanan dan makanan yang kamu konsumsi. Jaga agar kamu tidak kalah dengan lapar mata sesaat. Usahakan agar kamu bisa mengatur jam makan kamu sehingga tidak terjebak dengan keinginan makan setiap saat. Hindari produk dairy sebelum tidur juga dapat membantu mengurangi dengkuran karena produk dairy dapat meningkatkan produksi lendir dalam mulut yang juga turut andil dalam menyumbat sistem pernafasan kamu.

Ketika permasalahan berat badanmu sudah berkurang dan kamu memiliki pola makan yang lebih sehat, maka pasti dengkuranmu akan berkurang. 

Ubah Posisi dan Kebiasaan Tidur Kamu

Jangan sampai menganggap remeh posisi tidur kamu ya. Posisi tidur yang salah dan tidak nyaman, akan membuat kamu tidak mendapatkan pemulihan tubuh yang maksimal serta menimbulkan dengkuran.

Posisi yang paling berpotensi menimbulkan dengkuran adalah posisi terlentang. Karena itu, cobalah biasakan untuk tidur dengan posisi menyamping.

Kalau kamu tidak nyaman dengan posisi tidur menyamping, akali tidur terlentangmu dengan menambah sedikit topangan lagi seperti menggunakan dua buah bantal atau semacamnya. Karena dengan posisi seperti ini, lidah kamu tidak akan terlalu tertarik jatuh ke arah tenggorokan dan tidurpun menjadi lebih nyaman.

Bersihkan Penyakit di Area Hidung dan Tenggorokanmu

Sinus, infeksi dan berbagai macam penyakit yang dapat timbul di hidung dan tenggorokan dapat menimbulkan hambatan pernafasan ketika tidur. Karenanya masalah-masalah ini harus segera diatasi.

Cara membersihkan sinus yang ada di hidung kamu adalah dengan menghembuskan udara dengan dorongan yang keras dan sekali hentakan dari hidung. Selain itu, kamu juga bisa membersihkan rongga hidung dengan menghirup uap panas dari air rebusan atau handuk basah yang direndam di air panas sebelum tidur. Lakukan ini selama 5-10 menit untuk menghilangkan lendir dan kotoran yang kerap kali menyumbat hidung dan mencegah udara bersih masuk ke rongga hidung.


Demikianlah cara-cara yang bisa kami bagikan untuk membantu kamu mengatasi dengkuranmu. Selamat mencoba ladies! ;)