Featured Image Article 1543

Manfaat Cuka Apel untuk Rumah Tanggamu

Mungkin cuka apel masih sangat jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, cuka apel memiliki banyak manfaat untuk masalah pekerjaan rumah tangga kamu, lho!

Meydiana Photo
Meydiana
Contributor
di Lifestyle

Cuka apel ternyata sudah dimanfaatkan oleh manusia sejak zaman dahulu, tepatnya pada zaman Hippocrates yaitu salah satu bapak dunia kedokteran dari Yunani. Beliau mengatakan bahwa cuka apel adalah salah satu racun penyembuh yang bisa kamu temukan di dapurmu. Sayangnya, sampai sekarang cuka apel masih jarang sekali digunakan oleh masyarakat karena kurangnya edukasi kepada masyarakat mengenai manfaat cuka apel itu sendiri. Terus, sebenarnya apa saja sih manfaat dari cuka apel? 

 

Penetral Bau 

Kalau kamu merasa ruangan atau dapur dirumahmu tercium bau tidak sedap dan tidak hilang meskipun sudah menggunakan pengharum ruangan, tidak ada salahnya kamu mencoba menggunakan cuka apel untuk menetralkan bau tidak sedap tersebut. Caranya, letakkanlah cuka apel di dekat sumber bau dan bau tidak sedap akan hilang dengan lebih cepat.

BACA JUGA: Ketiak Kamu Bau? Ternyata Ini Penyebabnya!

Pembersih Tidak Beracun

Bukan suatu rahasia lagi jika cuka apel merupakan salah satu bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan perabotan rumah tangga. Hanya saja, masih banyak yang belum mengetahui manfaat cuka apel yang satu ini. Cuka apel bisa kamu gunakan sebagai solusi untuk membersihkan kotoran, debu, bakteri serta racun yang ada di rumahmu. Cobalah kamu campurkan cuka apel dengan 1/4 air ember lalu lalu aplikasikan ke tempat yang kotor. 

Pembunuh Rumput Liar pada Tanaman

Cuka apel juga memiliki manfaat sebagai salah satu pembunuh rumput-rumputan liar pada tanaman hiasmu. Selain itu, cuka apel jauh lebih ramah lingkungan untuk digunakan dibandingkan zat glifosfat berbahaya yang biasanya digunakan untuk menghilangkan rumput liar. Cukup campurkan cuka apel dengan garam dan sabun lalu semprotkan pada rumput liar yang tumbuh disekitar pekarangan rumahmu.

BACA JUGA: 8 Tanaman Liar yang Baik Dikonsumsi