Featured Image Article 1593

4 Kebiasaan Buruk yang Terlalu Sering Dilakukan dan Merusak Kesehatanmu

Hal yang berlebihan itu memang tidak baik. Contohnya bisa dilihat di 4 (empat) hal yang sering dilakukan manusia secara berlebihan, yang tanpa kita sadari dapat merusak kesehatan kita berikut ini!

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Health

Setelah melihat-lihat di halaman demi halaman Kawaii Beauty Japan, saya baru menyadari kalau saya banyak sekali menulis hal-hal yang berkaitan dengan hal yang berlebihan. Secara tidak sadar, hal-hal berlebihan yang sering kita lakukan merupakan hal sederhana yang sehari-hari kita lakukan tanpa menyadari akibatnya.

Dalam setiap artikel saya, ada beberapa poin yang juga merujuk pada kebiasaan jelek diri sendiri. Saya pribadi berharap sekali kalau apa yang saya tulis bisa jadi bahan renungan untuk kita semua, termasuk diri saya sendiri.

Nah, apa saja sih kebiasaan sederhana yang sering dilakukan berlebihan di hidup kita dan membawa dampak buruk pada kesehatan kita?

Kebiasaan Buruk - terlalu sering mengkonsumsi cafein

#1 Terlalu Sering Mengonsumsi Kafein

Mengonsumsi terlalu banyak kafein dapat meningkatkan hormon stres bernama kortisol yang ada di dalam tubuh. Hormon ini secara tidak sadar akan menggerakan keinginan kita untuk makan lebih banyak dari yang seharusnya dan makanan yang ‘diinginkan’ oleh hormon ini biasanya adalah makanan yang tinggi gula dan lemak.

Kamu bisa menebak sendiri kan akibat apa yang ditimbulkan oleh hal ini? Yup, benar! Berat badanmu bisa bertambah secara signifikan. Tidak hanya itu saja, kolestrol dan penyakit gula dapat ikut menyerang kamu. Karena itu berhati-hatilah ketika mengonsumsi produk berkafein agar tidak berlebihan.

Kebiasaan Buruk - Konsumsi Makanan Beku

#2 Terlalu Sering Konsumsi Makanan Beku

Kamu sering mengonsumsi makanan beku siap saji yang tinggal goreng saja? Coba lihat lemak yang ada di samping kanan dan kiri perutmu. Lemak itu datangnya dari makanan kesukaanmu itu. Makanan beku yang diharuskan untuk disimpan beku sebelum diolah, mengandung banyak gula dan lemak. Belum lagi bahan-bahan pengawet yang terdapat di dalamnya, yang menjaga makanan tersebut tetap baik.

Mulailah mengurangi konsumsi makanan beku. Tentu saja makanan beku bisa mengurangi waktumu memproses makanan, terutama untuk kamu yang sibuk. Tapi tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk memasak sendiri makananmu setiap hari, atau lakukanlah di malam hari dan simpna untuk dipanaskan di pagi hari.

Kebiasaan Buruk - Berbelanja Snack

#3 Terlalu Sering Belanja di 'Bagian Tengah Supermarket'

Bagian tengah supermarket didominasi oleh makanan kecil, minuman soda dan berbagai macam jajanan dengan kadar gula dan lemak tinggi. Seringnya kamu berjalan melewati bagian itu, membuat kamu lapar mata dan akhirnya membeli hal-hal yang tidak perlu dibeli, bahkan dapat merugikan kesehatannmu.

Mulailah berbelanja dengan list barang yang akan dibeli dan belajarlah untuk fokus dengan list belanja yang sudah kamu buat sendiri. Jangan terlalu gampang tergoda barang-barang yang ada di depan mata.

Kebiasaan Buruk - Sering melupakan Air putih

#4 Terlalu Sering Melupakan Pentingnya Air Putih

Poin penting dari bagian ini adalah ketika kamu seringkali mengacuhkan kebutuhanmu akan air. Air adalah kebutuhan pokok di tubuh yang tidak boleh kamu remehkan sama sekali. Atau seringkali juga kita meminum banyak air, tapi air yang memiliki sedikit manfaat untuk tubuh seperti sirup-sirupan atau minuman dengan banyak kafein atau bahkan minuman yang beralkohol.

Minum minimal 2 liter air putih sehari adalah wajib untuk remaja hingga dewasa untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh.


Jadi, kebiasaan mana yang terlalu sering kamu lakukan? Hayoo, ngaku! Berani mengakui  akan membuat kamu mudah untuk melangkah dan berubah. Yuk bagikan kebiasaanmu di bagian comment!