Featured Image Article 1600

Kacang si Pencegah Keracunan Makanan

Apakah kamu termasuk orang yang sering jajan diluar tapi takut keracunan makanan? Wah, ternyata kacang bisa menjadi obat pencegah keracunan makanan lho!

Meylisa Photo
Meylisa
Blogger
di Food

Khawatir karena belakangan ini sering melihat berita tentang bahan makanan beracun di media? Mulai dari beras plastik, gorengan yang dimasak menggunakan lilin, ayam tiren, dan masih banyak lagi. Tidak heran, banyak orang yang memilih tidak makan ini-itu karena takut keracunan.

Sesungguhnya, kamu tidak perlu khawatir, ladies! Menurut penelitian dari University of Maryland, ternyata mengonsumsi segenggam kacang perhari bisa mencegah keracunan makanan lho!

Penelitian membuktikan, bahwa tepung yang terbuat dari kacang bisa menambah jumlah bakteri baik dalam tubuh. Ketika jumlah bateri baik meningkat, maka jumlah bakteri jahat yang menyebabkan karacunan makanan, seperti Enterohaemorrhagic E.coli, akan berkurang. Bakteri baik pada tepung kacang akan melawan bakteri jahat dengan cara  mengisi dinding-dinding usus dan memproduksi antimirobial. 

BACA JUGA: Terlalu Kurus? Coba Konsumsi Kacang!

Kepala penelitian Dr Debabrata Biswas mengatakan; “memakan sekitar 50gr kacang perhari bisa memperbaiki kondisi usus dan melindunginya dari keracunan makanan yang disebabkan oleh bakteri-bakteri jahat”

Bakteri yang biasanya menyebabkan keracunan ialah E.coli dan salmonella. Bakteri E.coli bisa masuk kedalam tubuh jika kita memakan daging yang kurang matang dan sayuran yang kurang bersih. Sementara salmonella biasanya dari makanan hewan unggas seperti ayam, bebek, dan telur. Hindari makan daging sapi atau daging unggas ataupun telur yang kurang matang juga yan kawaii ladies!

BACA JUGA: Ini Dia 3 Bahan Berbahaya dalam Makanan yang Harus Kamu Waspadai!