Featured Image Article 1616

Ketahui Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi

Hey ladies apakah kalian termasuk salah satu yang suka minum kopi di pagi hari? Bila ya, sebaiknya mulailah hentikan kebiasaan minum kopi di pagi hari. Ingin tahu kenapa?

serlly Photo
serlly
Contributor
di Food

Baru-baru ini penelitian para ahli mengungkap bahwa pagi hari adalah saat yang sangat tidak tepat untuk meminum kopi. Hal ini dikarenakan tingginya kadar kortisol yang ada di dalam saat pagi hari. Lalu apa hubungannya ya?

Kandungan utama pada kopi yaitu kafein, berpotensi untuk menyebabkan dua masalah. Pertama, kafein yang ada di dalam kopi bisa menggangu produksi kortisol di dalam tubuh, padahal hormon tersebut dikeluarkan tubuh untuk merespon stress dan kadar gula darah yang rendah. Hal ini akan mengakibatkan tubuh memproduksi kortisol dalam jumlah yang sangat rendah sehingga kita merasa harus lebih banyak meminum minuman-minuman yang mengandung kafein. 

Efek lainnya dari mengkonsumsi kopi pada pagi hari adalah meningkatnya toleransi atau kekebalan seseorang terhadap efek kafein. Dikarenakan zat ini akan pelan-pelan menggantikan kortisol alami yang ada di tubuh. Semakin lama, seseorang perlu minum lebih banyak kopi untuk merasakan efek peningkatan energi dan fokus yang seharusnya bisa didapatkan dari dosis yang lebih kecil. Inilah yang disebut ketergantungan kafein.

BACA JUGA: 12 Tanda Kecanduan Kopi yang Tidak Kamu Sadari‚Äč

Bedasarkan penelitian, dalam kondisi normal, puncak produksi kortisol adalah jam 09.30 - 11.30 pagi dan 13.00 - 17.00. So, kamu tetap bisa meminum kopi di luar waktu-waktu tersebut. 

Semoga bermanfaat ya ladies! 

BACA JUGA: 4 Cara Membuat Kopi Jauh Lebih Sehat‚Äč