Featured Image Article 1688

Langkah Dasar Menurunkan Berat Badan Secara Optimal

Pakaian memang tidak bisa bohong. Sedikit sembulan di area perut dan area paha menunjukkan seberapa parah kamu membutuhkan diet.

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Diet

Kalau penampilanmu mulai mengganggu batinmu, itu artinya kamu memerlukan perubahan. Mungkin kamu perlu menurunkan berat badan?

Ada lho, orang yang tidak terganggu dengan keadaan fisiknya. Tapi kalau kamu termasuk orang yang terganggu dengan penampilan yang agak sedikit ‘berlebihan’ maka kamu harus mempertimbangkan untuk membaca artikel ini lebih lanjut. Karena saya tahu, kamu pasti akan membutuhkannya.

Nah, langsung saja yuk kita bahas, apa saja yang perlu kita lakukan untuk memperoleh berat ideal dan tubuh idaman. Tentunya ini bukan hal yang mudah, sehingga penting untuk kamu memulainya dari hal-hal yang mudah dan sesuai dengan kebutuhan terlebih dahulu.

#1 Belajar Menghitung Kebutuhan Kalori Harian

Menurunkan berat badan berbicara tentang bagaimana kita menghitung dan mengurangi asupan kalori sehari-hari kita. Tidak perlu menjadi seorang ahli untuk melakukan hal ini. Cukup melakukannya dengan hitungan yang paling efektif dan sehat. Secara gizi, adalah paling baik untuk menurunkan berat badan maksimal setengah kilogram dalam seminggu. Setengah kilogram sama dengan sekitar 3500 kal. Dibagi 7 hari menjadi 500kal. Artinya dalam sehari kamu perlu mengurangi 500kal dari asupan kalori kamu. Ini bisa dikombinasikan dengan mengurangi porsi makan (BUKAN jumlah makan sehari) dan berolahraga.

BACA: 4 Hal Tidak Sehat yang Membuat Dietmu Tidak Bisa Sempurna‚Äč

#2 Disiplin Monitor Perkembanganmu

Monitor pemasukan dan pengeluaran kalori kamu, sespesifik dan seakurat mungkin. Jadi seandainya kamu khilaf makan beberapa butir cokelat atau kacang, kamu tetap harus mencatatnya dengan mengira-ngira. Lebih bagus kalau angkanya dibulatkan ke atas. Jadi kamu lebih aware dengan jumlah kalori yang harus kamu buang kembali dengan olahraga.

#3 Makan Lima Kali Sehari

Yap!! Kamu tidak salah baca. Makanlah LIMA kali dalam satu hari.  Kenapa begitu? Karena pandangan kamu tentang mengurangi jumlah makan dalam sekali hingga kini sama sekali salah. Mengurangi makan tidak akan membuat berat badanmu berkurang tapi justru akan semakin bertambah. Menghilangkan satu kali makan sama dengan menurunkan metabolisme tubuh yang artinya tubuh akan semakin lambat dalam membakar kalori.

Inilah contoh gambaran jadwal makan yang kamu perlukan:

  • Pukul 6-7 pagi: Sarapan
  • Pukul 9-10 pagi: Cemilan
  • Pukul 12-1 siang: Makan Siang
  • Pukul 3-4 sore: Cemilan
  • Pukul 6-7 malam: Makan Malam

Kalau kamu melakukan ketiga hal di atas secara terus menerus dan disertai dengan disiplin yang ketat, kamu akan segera merasakan perubahan dalam waktu 1 bulan. Tidak usah terlalu terburu-buru ketika ingin menurunkan berat badan. Nikmati saja prosesnya, sehingga kamu tidak akan jadi terlalu stres.

Oke, ladies? Enjoy!

BACA JUGA: Suka Duka Menurunkan Berat Badan yang Harus Kamu Ketahui!‚Äč