Featured Image Article 1689

Langkah Selanjutnya untuk Mendapatkan Berat Badan Secara Optimal

Jadi kamu sudah melakukan semua langkah dasar dengan benar? Siap untuk naik tingkat dan melakukan hal yang sedikit lebih merepotkan? Yuk!

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Diet

Kemarin kita sudah pernah membahas langkah-langkah dasar yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan secara optimal. Sekarang kita akan maju selangkah untuk melakukan hal-hal yang sedikit lebih rumit tapi sangat diperlukan untuk membuat diet kita menjadi lebih efektif.

Apa sajakah itu? Baca baik-baik ya ladies!

BACA JUGA: Langkah Dasar Menurunkan Berat Badan Secara Optimal​

#1 Memperhatikan Apa yang Kamu Makan

Nah, kalau kemarin kamu hanya perlu memperhatikan berapa besar kalori yang masuk dan keluar tubuhmu dengan teliti, sekarang kamu tidak hanya harus memperhatikan seberapa besar kalori yang masuk tapi juga dari sumber makanan jenis apa kalori tersebut datang.

Kalau kemarin kamu bisa makan segala jenis karbohidrat dan protein, kali ini kamu akan diminta untuk lebih berhati-hati lagi dengan pilihan karbohidrat yang ingin kamu nikmati. Pastikan karbohidrat yang masuk ke tubuhmu adalah karbohidrat yang baik. Contohnya adalah karbohidrat yang berasal dari gandum dan beras merah.

Sarapan, makan siang dan makan malam bisa kamu batasi sekitar 300 sampai 450 kalori setiap kali kamu makan. Sementara cemilan bisa kamu patok hingga 100-150 kalori per konsumsi. Bagi-bagi pemasukan kalorimu tapi pastikan kalori terbanyak masuk di tengah hari untuk memastikan kamu memiliki cukup waktu untuk membakar sebagian kalori yang masuk.

BACA JUGA: Yuk Hitung Jumlah Konsumsi Kalori Kamu Untuk Berat Badan Yang Lebih Seimbang!​

#2 Pintar-Pintar Melakukan Substitusi yang Diperlukan

Ketika kamu makan, usahakan kamu memasukkan cukup kalori ke tubuhmu. Secukupnya. Benar-benar secukupnya.

Misalnya kamu bisa mengganti roti tawar bias dengan roti gandum, itu akan membantumu memotong sedikit kalori. Kalau kamu bisa mengganti nasi putih menjadi nasi merah itu akan lebih baik lagi.

Atau ketika kamu membuat sandwich isi ham, sayur dan 2 lembar keju, akan lebih baik bila kamu membuka sandwich-mu dan mengeluarkan satu lembar keju dari sana. Satu tindakan kecil itu akan sangat membantumu mengurangi angka kalori yang masuk ke tubuhmu.

Sama halnya dengan minuman. Apabila selama ini kamu punya jatah minum minuman yang mengandung cukup banyak gula dan tinggi kalori, bagaimana kalau menguranginya dan menggantinya dengan lebih banyak asupan air putih? Selain tubuhmu jadi lebih sehat, kalori yang masuk dari minuman juga akan terpotong sangat banyak sekali. Tidak ada ruginya bukan?

BACA JUGA: Hentikan 5 Kebiasaan Minum Ini Kalau Tidak Ingin Berat Badanmu Naik​

#3 Buat Perencanaan Menu Makan Sehari-hari

Ini satu lagi hal yang sedikit sulit untuk dilakukan tapi ternyata cukup efektif untuk membantu proses menurunkan berat badan kamu. Yaitu, membuat tabel perencanaan makanan yang akan kamu makan sehari-hari.

Apa tujuan melakukan ini? Dengan merencanakan makanan yang akan kamu konsumsi sehari-hari kamu akan lebih menjaga dirimu dari makanan-makanan yang tiba-tiba muncul out of nowhere. Rencana makan dadakan juga bisa kamu tolak dengan halus karena sekarang kamu sudah memiliki menu makanan yang sudah kamu rencanakan jauh-jauh hari.

Untuk memudahkanmu, buatlah perencanaan menu makanan ini per-seminggu sekali. Sehingga ketika minggu ini kamu melewatkan makanan kesukaanmu karena tidak ada di dalam jadwal makanmu, kamu bisa menargetkannya untuk kamu konsumsi minggu depannya. Dengan sistem ini juga, kesabaranmu akan terbentuk perlahan. Dan setiap kali kamu berhasil mendapatkan makanan yang sudah kamu tunggu selama seminggu kamu akan mendapatkan kepuasan tersendiri dari hal tersebut dan proses dietmu akan berlangsung lebih santai dan bahagia.


Itu dia beberapa rangkaian proses diet yang harus kamu lakukan agar mendapatkan hasil yang optimal. Kumpulkan niatmu, dan lakukan sepenuh hati agar dietmu tidak lagi gagal. Selamat mencoba dan semoga berhasil kawaii ladies! 

BACA JUGA: Dengan Cara Ini, Kamu Bisa Diet Dalam 7 Hari Saja!