Featured Image Article 1693

Minum Kopi Pengaruhi Tingkat Produktivitasmu Benarkah?

Kopi sudah menjadi asupan sehari-harimu untuk menjaga konsentrasi? Bahkan sudah tidak mempan lagi? Apa kira-kira terjadi padamu ya?

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Lifestyle

Banyak di antara kita yang merasa kopi merupakan suatu keharusan demi mencapai produktivitas dan konsentrasi yang tinggi. Tapi dengan mengatasi kelelahan menggunakan kopi ada banyak sekali efek buruk yang akan kita rasakan. Salah satunya daya konsentrasi yang tetap akan menurun sekalipun kamu sudah meminum banyak kopi. Belum lagi efek kopi yang menyerap cairan dalam tubuh kita sehingga tubuh kita akan selalu berada dalam keadaan kekurangan cairan tubuh.

BACA JUGA: Ketahui Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi​

Sayangnya banyak juga dari kita merasa kalau kelelahan atau kantuk ini akan berlalu lama kelamaan. Tetapi perkiraan kamu salah, ladies. Kelelahan dan kantuk yang berkepanjangan itu ada penyebabnya. Dan ada dua kebiasaan buruk yang sering kita lakukan yang tanpa sadar telah memicu keadaan ini. Apa saja kah itu?

Kurang Tidur

Jangan pernah menganggap sepele masalah kurang tidur. Menurut National Sleep Foundation, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-9 jam setiap malam untuk mencapai kondisi tubuh yang segar di pagi hari. Namun kebanyakan orang dewasa jaman sekarang bahkan tidak bisa mendapatkan tidur yang mendekati cukup.

Lama kelamaan kondisi ini dapat berujung pada menurunnya daya tahan tubuh. Dan inilah yang akan mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Menurut para ahli kesehatan di Harvard University, kurang tidur bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti jantung, obesitas, dan diabetes.

Tidak Sarapan

Semua ahli gizi dan ahli kesehatan setuju bahwa makan pagi sangat penting untuk kesehatan tubuh kamu dan merupakan waktu makan terpenting. Hal ini dikarenakan tubuh yang diibaratkan seperti mesin yang membutuhkan bahan bakar untuk dapat berfungsi sempurna.

“Mana mungkin mengemudi bila tangki bensin kosong.” Ucap Harris-Pincus, pakar nutrisi berlisensi asal New York.

Banyak orang beralasan mereka melewatkan sarapan dikarenakan tidak adanya waktu untuk menyiapkan sarapan. Padahal asal kamu dapat merencanakannya dengan baik, kamu pasti dapat mengatasinya.


Bagaimana ladies? Kira-kira apa itu penyebab kamu merasakan keletihan yang kamu alami selama ini? Kalau iya, sekarang kamu tahu kan apa yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki keadaan ini bukan? Yuk perbaiki kebiasaanmu demi hidup yang lebih baik! 

BACA JUGA: 10 Rahasia Kerja Tetap Semangat dan Efektif dari Orang-Orang Sukses!​