Featured Image Article 1712

Kulit Terbakar Sinar Matahari? Atasi Dengan 8 Langkah Ini

Terlalu banyak terkena sinar matahari bisa membuat kulit terbakar. Akibatnya kulit menjadi kemerah-merahan, perih, dan gatal. Untuk mengatasinya, lakukan 8 langkah mudah ini.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Skin Care

Tinggal di daerah tropis membuat kita lebih sering terekspos sinar matahari. Apalagi di saat liburan yang sering kita habiskan di pantai atau keluar rumah. Akibatnya, kulit lebih riskan terbakar sinar matahari. Hal itu bisa terjadi karena kita tidak memakai tabir surya sebelum keluar rumah. Bahkan setelah memakainya pun, selang beberapa jam kemudian kita juga harus memakainya lagi agar kulit selalu terlindungi.

Jika tidak, kemungkinan besar kulitmu akan terbakar sinar matahari. Efek yang sering timbul akibat terbakar sinar matahari biasanya berupa kulit merah, terasa sakit, dan kaku. Ikuti 8 langkah ini yang terbukti cukup efektif mengatasi semua efek tersebut.  

8 Langkah Mudah Atasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Segera lakukan 8 langkah ini jika kulitmu terbakar sinar matahari agar kulit cepat pulih:

Kurangi Rasa Panas dan Perih Dengan Masker Pendingin

Untuk mengurangi rasa panas dan perih, gunakan masker pendingin yang berbentuk gel. Masker ini akan menurunkan suhu kulit dan memberikan air bagi sel-sel kulit yang kehausan. Masukkan masker ke dalam lemari es selama 30 menit sebelum memakainya.

Lidah buaya, juga merupakan bahan yang tepat untuk mengatasi kulit terbakar sinar matahari. Gunakan gel lidah buaya alami tanpa pewangi atau bahan pengawet, karena bahan-bahan itu bisa memperburuk iritasi kulit. Biarkan masker atau lidah buaya menempel di kulit selama 15 menit, dan ulangi setiap 3 jam untuk pemulihan.  

Gunakan Treatment Oil Yang Mengandung Antioksidan

Menggunakan antioksidan dapat membantu penyembuhan kulit yang terbakar sinar matahari. Oleskan treatment oil yang kaya akan antioksidan setelah menggunakan masker. Pilih formula yang mengandung minyak delima, minyak cranberi, dan minyak buah mawar. Treatment oil akan melumasi kulit yang kaku dan kencang akibat terbakar sinar matahari, serta mengurangi rasa sakit pada kulit.

Mandi Susu

Salah satu cara untuk menurunan suhu tubuh adalah dengan mandi susu. Campurkan 6 cangkir susu ke dalam air hangat untuk berendam. Susu mengandung lemak, protein, dan pH yang bermanfaat untuk mengatasi peradangan akibat terbakar sinar matahari, serta membuat kulit terasa lebih nyaman.

Minum Air Dingin

Berjam-jam berada di bawah sinar matahari secara langsung akan membuat tubuhmu kepanasan dan kehilangan banyak cairan. Untuk menurunkan suhu tubuh dan mengembalikan cairan tubuh, minumlah air dingin.   

Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Pelembap

Banyak yang mengira bahwa dengan memakai pelembap sebanyak mungkin dapat menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari. Padahal hal itu justru akan menutupi kulit dan menghalangi panas untuk keluar dari tubuh. Akibatnya, kemerahan pada kulit lebih sulit hilang. Gunakan tipis-tipis saja, dan pilih pelembab yang ringan.

Perlu Waktu Untuk Sembuh

Rata-rata dibutuhkan 3 sampai 4 hari bagi kulit yang terbakar sinar matahari untuk pulih. Dalam 3 atau 4 hari, efek kemerah-merahan dan perih pada kulit akan mulai mereda. Tak banyak yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses penyembuhan tersebut. Jadi, tunggu saja.

Biarkan Kulit Mengelupas Sendiri

Jangan terburu-buru ingin menggosok kulit yang terbakar sinar matahari, karena kulit akan mengelupas dengan sendirinya setelah beberapa hari. Terlalu dini mengelupasnya akan semakin memperparah kerusakan pada kulit, apalagi pada bagian kulit yang belum siap mengelupas. Hal itu bisa mengakibatkan bekas di kulit. Jadi, biarkan saja kulit mengelupass secara alami. Setelah seminggu, kamu bisa mulai menggosoknya dengan lembut.

Jangan Mengulangi Kesalahan Yang Sama

Banyak yang mengeluh bahwa mereka sudah menggunakan SPF (bahkan SPF 100), namun tetap terbakar sinar matahari. Yang harus diingat adalah sekali kulitmu terbakar sinar matahari, maka efeknya akan terus berlanjut. Meskipun setelah itu kamu akhirnya memakai tabir surya, kulitmu akan tetap kemerahan dan perih.


Ladies, selalu lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah benar-benar melindungi kulitmu sebelum keluar berpanas-panasan.