Featured Image Article 1792

Waspada Cidera Nervus Ulnaris pada Kaum Muda!

Walaupun tubuhmu terasa sehat dan umurmu masih muda, bukan berarti kamu tak berisiko terserang cidera nervus ulnaris lho!

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Health

Usia yang masih muda serta kondisi fisik yang prima kerap kali membuat kita terlalu bersemangat dalam menjalani aktivitas. Merasa kalau kondisi tubuh sehat-sehat saja tanpa meluangkan waktu untuk berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat bisa menjadi awal dari timbulnya penyakit, termasuk penyakit nervus ulnaris.

Baca selengkapnya tentang penyakit ini di halaman berikut ya! 

 

Apa itu Nervus Ulnaris?

Gaya hidup yang kurang sehat dan didukung dengan kurangnya aktivitas fisik bisa menyebabkan timbulnya cidera pada nervus ulnaris. Nervus ulnaris adalah bagian saraf di sekitar siku tangan. Cidera nervus ulnaris  tersebut membuat organ tangan yang terhubung langsung dengan saraf menjadi sakit atau sulit digerakkan.

Gejala yang ditunjukkan oleh penderita cidera nervus ulnaris umumnya sama, yaitu rasa kebas atau kesemutan yang timbul pada bagian jari manis dan jari kelingking. Rasa kebas atau kesemutan tersebut biasanya tidak mudah hilang dan dapat berlangsung selama berhari-hari. Jika kondisi ini terus terjadi dalam waktu yang lama, kamu harus segera berkonsultasi dengan tim dokter untuk mendapatkan penanganan medis.

 

Working woman

Penyebab Cidera Nervus Ulnaris

Cidera nervus ulnaris bisa disebabkan oleh beragam hal. Misalnya aktivitas fisik yang terlampau berat yang melibatkan siku tangan, terlalu lama dan meletakkan siku di meja saat mengetik dengan intensitas yang sering atau jarang menggerakkan siku tangan setiap hari.Tidak mengherankan kalau jenis cidera saraf ini sering menyerang kaum muda. Sebab biasanya kaum muda yang sering bekerja di depan notebook kerap kali menghabiskan waktu berjam-jam demi menyelesaikan pekerjaannya. Posisi tubuh yang monoton tersebut menyebabkan saraf siku jadi rentan mengalami cidera. Dan hal ini akan menjadi semakin parah bila kamu kurang mengonsumsi makanan yang kaya kandungan nutrisi setiap hari.

Telur

Bagaimana Cara Menangani Kondisi Nervus Ulnaris?

Kondisi cidera nervus ulnaris bisa ditangani dengan rutin meluruskan siku dan menggerak-gerakkan jari tangan secara rutin. Menggerakkan jari tangan sesering mungkin bertujuan untuk membantu saraf tangan agar tetap aktif dan meminimalkan kondisi kebas atau kesemutan yang kamu alami.

Di samping harus rutin melakukan aktivitas fisik dan proses relaksasi untuk tangan, konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 juga akan menjadi nutrisi alami untuk menjaga kesehatan saraf. Beberapa jenis bahan makanan yang kaya akan kandungan vitami B12 antara lain adalah ikan tuna, telur, keju, dan daging ayam.

Saat semua treatment tersebut tidak membuat rasa kebas pada jarimu menghilang, jangan lupa untuk segera berkonsultasi dengan dokter agar penyakitmu bisa ditangani sedini mungkin, ya.


Setelah membaca informasi mengenai cidera nervus ulnaris, kini kamu harus lebih waspada dan semakin fokus menjaga kesehatan, ya. Jangan sampai kamu terjebak dalam padatnya rutinitas hingga akhirnya jatuh sakit karena kondisi kesehatan yang terganggu. Karena sejatinya mencegah tentu jauh lebih baik daripada mengobati, bukan?

BACA JUGA: Matikan Handphone saat Tidur karena Jika Tidak, Bisa Terkena Penyakit Ini‚Äč