Featured Image Article 1869

Ini Dia Cara Mengatasi Masalah Jerawat yang Muncul di Bagian Tubuhmu

Kata siapa jerawat itu hanya muncul di sekitar area wajah saja? Faktanya, jerawat juga bisa muncul di bagian tubuhmu yang lain, lho! Lalu, bagaimanakah cara tepat mengatasinya?!

Meydiana Photo
Meydiana
Contributor
di Skin Care

Jerawat merupakan salah satu musuh utama bagi semua wanita, karena dianggap sering mengganggu penampilan sehari-hari dan menurunkan rasa percaya diri. Biasanya, jerawat akan timbul di skitar area wajah karena wajah adalah bagian tubuh yang paling rentan terkena unsur-unsur penyebab timbulnya jerawat seperti polusi, minyak ataupun keringat. Tapi, jerawat yang menyebalkan juga bisa muncul di bagian tubuhmu yang lain selain wajah, lho! Area kulit kepala, telinga atau sekitar area dada dan punggung adalah beberapa bagian tubuh yang rentan juga terhadap munculnya jerawat. Nah, kamu bisa coba nih beberapa tips untuk mengatasi jerawat di bagian-bagian tubuhmu. 

Kulit Kepala

Kulit kepala adalah salah satu bagian tubuh yang memiliki banyak kelenjar minyak. Kelenjar minyak ini biasanya akan memproduksi jumlah minyak yang berlebih ketika cuaca sedang kering dan panas. Tentunya hal ini menjadi rentan bagi jerawat untuk muncul di area kulit kepala. Benjolan yang membesar seperti jerawat tersebut biasanya akan terasa sakit jika terkena keringat. 

Cara mengatasi masalah jerawat di kulit kepala adalah kamu bisa mencoba shampoo yang mengandung asam salisilat dan gunakan saat kamu sedang keramas. Asam salisilat dapat membantu mengontrol jumlah minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak, menghindari pengelupasan kulit kepala akibat jerawat serta menghambat pori-pori kulit.

BACA JUGAApakah Keramas Menggunakan Air Dingin Bagus Untuk Kesehatan Kulit Kepala?

Telinga

Bagian tubuh lain yang rentan timbulnya jerawat adalah area sekitar telinga. Kalau kamu terlalu sering menggerai rambutmu kemudian kamu berkeringat, hal seperti itu akan menjadi salah satu faktor munculnya jerawat yang menyakitkan di sekitar telinga kamu. Jika sudah timbul jerawat di telingamu, cobalah kamu ikat rambutmu dan jauhkan dari daerah sekitar telinga jika cuaca sedang panas atau kondisi yang menyebabkan kamu mudah berkeringat. 

Dada 

Kalau kamu mengalami keringat yang hebat atau overheating disaat cuaca panas, sangat mudah bagi jerawat untuk muncul di sekitar area dada karena terdapat banyak kelenjar keringat dibawah kulit area dadamu. Bahkan dalam kondisi yang parah, jerawat yang muncul di sekitar area dada akan menjadi ruam panas atau membentuk kumpulan benjolan yang bisa menimbulkan rasa perih dan gatal.

Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya gunakanlah tabir surya yang ringan untuk menjaga kulit anda tetap baik bahkan disaat terkena keringat akibat cuaca panas. Selain itu, kamu juga menggunakan obat anti jerawat di bagian dada supaya jerawat baru tidak muncul kembali.

BACA JUGA: 5 Alasan Mengapa Jerawat Tetap Muncul