Featured Image Article 1871

Hindari 5 Hal Ini Saat Mencuci Muka Jika Tidak Ingin Mukamu Rusak

Apa benar kita harus menghindari air hangat saat mencuci muka? Baca lebih lanjut di sini!

Cut Auzola Photo
Cut Auzola
Blogger
di Skin Care

Mencuci dan membersihkan muka memang sudah seperti makanan sehari-hari yang hampir selalu ada di rutinitas wanita. Walaupun terkesan sangat mudah, sebenarnya ada beberapa hal yang kita justru dapat merusak muka dan bukannya membuatnya bersih, saat kita membersihkan muka! Oleh karena itu, sebaiknya kamu hindari lima hal ini;

Menggunakan Produk yang Salah

Agar wajah dapat bersih dan tidak iritasi, ada baiknya kita mengetahui produk pencuci muka yang baik untuk kita. Pembersih muka yang baik biasanya dapat mengangkat kotoran pada wajah tanpa terlalu banyak mengangkat minyak alami pada kulitmu. Sebaiknya, pilihlah pembersih muka yang tidak terlalu meninggalkan rasa kesat pada kulit wajahmu. Selain itu, pilihlah pembersih muka yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

BACA JUGA: 5 Tips Mengatasi Masalah Kulit Akibat Produk dan Alat Kecantikan

Terlalu Sering Mencuci Muka

Banyak sekali wanita yang menganggap sering mencuci muka akan membuat wajah mereka bersih dan sehat. Pada kenyataannya mencuci muka terlalu sering justru tidak baik untuk kulit wajahmu. Selain dapat membuat wajah iritasi, kulitmu bisa saja menjadi terlalu kering berlebihan atau malah menjadi sangat berminyak. Oleh karena itu cukup mencuci wajah dua kali saja sehari.

Mencuci Dengan Suhu Air yang Salah

Banyak dari kita yang percaya dengan mitos air hangat dapat membuka pori-pori dan air dingin dapat menutup pori-pori. Pada kenyataannya, pori-pori itu tidak bisa menutup atau membesar karena tidak ada otot pada pori-pori. Tetapi, sebaiknya kamu menggunakan air pada suhu normal atau suam kuku saat mencuci wajah, karena mencuci wajah dengan air yang terlalu hangat atau panas dapat membuat kulit terlalu kering atau kulit malah memproduksi minyak berlebih.

BACA JUGA: Mandi Air Hangat atau Air Dingin, Apa Bedanya?

Terlalu Sering Mengeksfoliasi Kulit

Terlalu sering mengeksfoliasi kulit ternyata tidak baik untuk kulitmu. Hal ini justru dapat membuat kulitmu iritasi! Oleh karena itu jika kamu ingin melakukan scrub pada wajah, lebih baik hanya dilakukan 3-4 kali saja paling banyak dalam seminggunya. Agar tidak terlalu kasar, kamu juga bisa mencoba mengeksfoliasi kulitmu dengan bahan-bahan natural, sperti scrub dengan gula (yang partikelnya lebih halus dan kecil) atau dengan stroberi dan sebagainya. Jangan terlalu menekan kulit juga saat melakukan eksfoliasi agar kulit tidak iritasi atau luka.

Tidak Membilas Dengan Bersih

Terkadang kita terburu-buru dalam mencuci muka dan tidak membilas wajah dengan bersih. Sisa-sisa dari pembersih wajah justru dapat merusak kulitmu! Oleh karena itu, pastikan kamu membilas wajah dengan bersih walaupun sedang terburu-buru.


Sekarang sudah tahu kan hal yang harus dihindari saat membersihkan muka. Jangan sampai kamu melakukannya lagi ya, ladies, supaya kulit wajah benar-benar bersih dan sehat! 

BACA JUGA: Siapa Sangka Kamu Bisa Membersihkan Wajah dengan Minyak?