Featured Image Article 1898

4 Perubahan Perilaku Ini Ternyata Merupakan Gejala Demensia

Wah, hal sepele seperti mengoleksi buku tapi tidak pernah membacanya menjadi salah satu tandanya ladies! Cek lebih lanjut ya ladies tanda lainnya di sini!

Inka Photo
Inka
Contributor
di Health

Demensia atau dementia dalam Bahasa Inggris merupakan penurunan fungsional akibat kelainan yang tejadi pada otak. Ini adalah merupakan penyakit bukanlah sindrom.

Demensia sendiri di golongkan menjadi 4, yaitu:

  1. Demensia yang disertai badan lewy
  2. Demensia Paralitik
  3. Demensia Frontotemporal
  4. Demensia Vaskular

Mengalami alzheimer atau depresi mungkin bukan berarti seseorang menderita demensia, namun ini adalah tanda umum penyakit demensia.

BACA JUGA: Depresi dan Moody? Mungkin Kamu Kekurangan Zat Ini!

Penderita demensia sering kali tidak bisa berpikir dengan baik, keadaan ini tentu sangat mempengaruhi aktifitas sehari-hari. Lambat laun mereka akan kehilangan kemampuan menyelesaikan masalah dan emosional yang tidak terkendali.

Tanda umum penyakit demensia adalah sulit fokus, daya ingat menurun, sulit melakukan kegiatan familiar, disorientasi, kesulitan memahami visouspasial, sering menaruh barang sembarangan, gangguan komunikasi, menjauh dari pergaulan, salah membuat keputusan, perubahan prilaku dan kepribadian.

Selain tanda umum tersebut ternyata beberapa hasil penelitian menunjukkan hasil yang mengejutkan mengenai tanda-tanda penyakit demensia.

Selera Makan Berubah

Sebuah studi di Jepang menunjukkan perubahan yang berhubungan dengan otak yang mengontrol selera dan nafsu makan merupakan tanda perubahan yang terjadi akibat demensia. Bahkan hasil studi yang mengejutkan adalah penderita demensia bisa saja menjadi menyukai makanan kadaluarsa atau busuk.

Melanggar Norma dan Hukum

Penyakit demensia juga akan menyerang otak yang membantu mengenali dan menghormati aturan-aturan sosial, adat dan hukum. JAMA Neurology menemukan bahwa pelanggaran-pelanggaran buruk seperti melanggar aturan lalu lintas, merampok, mencuri dan perbuatan kriminal lainnya merupakan 14% dari tanda penyakit demensia yang menyerang otak bagian depan atau disebut dengan Frontotemporal Dementia (FTD)

BACA JUGA: Berlibur dan Berenang di Danau, Wanita ini Meninggal Karena Infeksi Otak

Hilangnya Perasaan Sarkasme

Univercity Of California, San Francisco menunjukkan tanda penyakit demensia lainnya adalah ketidakmampuan seseorang untuk mendeteksi kebohongan, sarkasme, dan bentuk informasi verbal lainnya.

Berperilaku Kompulsif

Jika kamu melihat seseorang yang sering membeli buku dan menjadikannya koleksi tapi tidak pernah membacanya, sebaiknya sarankan dia untuk memeriksa kesehatannya ke dokter. Penelitian dari Univercity Of California, Los Angeles menemukan bahwa perilaku kompulsif ini menjadi sinyal awal dari penyakit demensia.

BACA JUGA: Matikan Handphone saat Tidur karena Jika Tidak, Bisa Terkena Penyakit Ini