Featured Image Article 1913

5 Hal yang Membuatmu Lebih Cepat Lelah

Sering mengeluh karena merasa lelah? Ini dia 5 alasan yang membuatmu lebih cepat lelah!

serlly Photo
serlly
Contributor
di Lifestyle

Tidur adalah salah satu jalan untuk mengisi ulang energi. Dengan kurang tidur, tentunya kita akan merasa lelah dan tidak bersemangat. Tapi, ternyata itu bukanlah satu-satunya hal yang membuat kita merasa lelah. Ada hal-hal kecil lain yang membuat kita lelah, baik secara fisik maupun mental. Mungkin kamu pikir hal-hal ini sepele, tapi ternyata pengaruhnya cukup besar, lho. Apa sajakah itu? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Melewatkan Waktu Olahraga

Apakah kamu pernah melewatkan waktu olahragamu demi menghemat energi untuk bekerja? Berdasarkan sebuah studi di Univesity of Georgia, berolahraga 3 x 20 menit dalam seminggu tidak akan membuatmu lelah. Malah, kamu akan merasa lebih berenergi setelah rutin menjalaninya selama 6 minggu. Dengan rutin berolahtaga, tentunya daya tahan tubuh dan kekuatan akan meningkat. Hal itu membuat sistem kardiovaskular menjadi lebih efisien bekerja, serta memberi oksigen dan nutrisi untuk jaringan tubuh. Jadi, aturlah jadwal kesibukanmu sebaik-baiknya agar kamu tidak perlu melewatkan waktu olahragamu ya!

Tidak Minum Air dengan Cukup

Kandungan air dalam tubuh manusia adalah sekitar 60%. Manusia butuh minum air kurang lebih 2-3 liter setiap harinya. Air dalam tubuh memiliki banyak fungsi, yaitu untuk menetralkan racun dalam tubuh, membuat tubuh lebih fit, menghilangkan sakit kepala, serta meningkatkan daya konsentrasi. Amy Goodson, ahli diet untuk Texas Health Ben Hogan Sports Medicine mengatakan bahwa kurang minum akan menyebabkan tubuh dehidrasi dan kurang energi. Jika aktivitasmu padat, pastikan kamu minum air dengan cukup ya, ladies!

Kekurangan Zat Besi

Salah satu manfaat zat besi adalah untuk membantu fungsi otot. Zat besi dalam jaringan otot membantu penyuplaian oksigen yang diperlukan untuk kontaksi otot. Selain itu, zat besi juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolsime dalam tubuh. Dengan mengonsumsi cukup zat besi, energi yang didapat dari makanan dapat didistrubsikan dengan cepat ke seluruh bagian tubuh. Kekurangan zat besi juga dapat membuatmu merasa lesu, mudah marah dan kurang fokus. Zat besi bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi jagung, bayam, kangkung, daging sapi, ikan, dan lain sebagainya.

Perfeksionis

Tidak ada manusia yang sempurna. Karena itulah, berjuang untuk menjadi sempurna juga merupakan suatu hal yang mustahil. Berusaha untuk sempurna juga membuatmu bekerja lebih keras dan lebih lama dari yang diperlukan. Kerja keras itu memang baik, tapi pastikan kamu menyeimbangkannya dengan rekreasi dan istirahat. Kamu boleh saja bermimpi setinggi-tingginya, tapi, kamu juga harus memikirkan seberapa besar kemungkinan kamu dapat meraih mimpimu tersebut.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Junk Food

Mengonsumsi junk food atau makanan siap saji memang sangat menghemat waktumu. Bagi mereka yang memiliki aktivitas padat, mungkin lebih sering mengonsumsi makanan siap saji karena tidak ada waktu untuk menyiapkan yang lain. Namun, makanan siap saji ini tidak mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh serta membuat sistem metabolisme tidak dapat berjalan dengan lancar. Karena itulah, terlalu banyak mengonsumsi makanan siapa saji membuatmu lebih cepat lelah dalam menjalani aktivitas. 


Kelelahan memang mengganggu aktivitasmu ya. Karena itu, hindarilah 5 hal di atas agar aktivitasmu berjalan lebih lancar! Saat kamu merasa berenergi, tentunya kamu akan bisa lebih produktif.