Featured Image Article 1950

Jangan Terlalu Lama Menggunakan Lensa Kontak Kalau Tak Ingin Ini Terjadi Padamu!

Bagaimana caramu menggunakan lensa kontak, ladies? Jaga kebersihannya agar tak kehilangan penglihatan seperti pria ini, ya!

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Health

Apakah kamu termasuk pengguna lensa kontak, ladies?

Lensa kontak memang menjadi alternatif bagi kamu yang mengalami penurunan fungsi penglihatan. Lensa kontak membuatmu tetap tampil menarik tanpa bantuan penggunaan kacamata.

Mengenakan lensa kontak tak boleh sembarangan lho, ladies. Kamu harus lebih teliti merawat lensa kontak dan melepaskannya dari mata pada saat-saat tertentu. Karena walaupun ada lensa kontak yang mengklaim aman digunakan semalaman, tetap saja hal tersebut berisiko mendatangkan gangguan kesehatan. Seperti kejadian yang dialami Chad Groeschen yang harus rela kehilangan penglihatan akibat lensa kontak.

Perihal Lensa Kontak yang Digunakan Terlalu Lama

Chad termasuk orang yang jarang melepaskan lensa kontak. Ia menggunakannya sepanjang hari termasuk saat tidur. Bahkan Chad hanya melepaskan lensa kontak setiap satu minggu sekali untuk dibersihkan.

Awalnya tidak ada masalah yang berarti saat Chad menggunakan lensa kontak tersebut. Namun lama kelamaan Chad merasakan gatal yang hebat pada mata kirinya. Gangguan tersebut semakin parah dan membuat mata kiri Chad tidak bisa melihat. Setelah diperiksa oleh tim medis, terkuaklah fakta kalau mata kiri Chad terserang infeksi bakteri perusak kornea.

Diduga kalau bakteri yang menginfeksi mata kiri Chad berasal dari jenis Pseudomonas. Bakteri ini merupakan salah satu bakteri paling berbahaya bagi mata. Dokter William J. Faulkner, sang direktur layanan darurat di Cincinnati Eye Institute menyatakan kalau sel-sel kornea mata Chad mulai mati, dan kondisi ini tidak bisa diperbaiki walaupun infeksi pada mata Chad sudah ditangani secara intensif.

Kegiatan Sepele Bisa Berisiko Pada Lensa Kontak

Lensa kontak adalah alat bantu melihat yang harus digunakan secara teliti. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa membuat lensa kontak terkontaminasi oleh bakteri. Bahkan nyatanya kegiatan mandi tanpa melepas lensa kontak juga meningkatkan risiko infeksi bakteri pada mata.

Laporan yang diperoleh oleh Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat menyatakan kalau 99% pengguna lensa kontak di Amerika Serikat tidak memperlakukan lensa kontaknya secara higienis. Sepertiga diantara pengguna lensa kontak tersebut juga harus berkonsultasi pada tim medis karena mengalami iritasi atau nyeri saat menggunakan lensa kontak.


So, kamu patut telit terhadap penggunaan lensa kontak ya, ladies. Jagalah kebersihan lensa kontak agar matamu tetap sehat. Jika rasa tak nyaman mulai terjadi pada matamu, segera konsultasikan dengan tim medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Yuk tampilkan mata indahmu yang sehat dengan menggunakan lensa kontak !