Featured Image Article 1969

Mau Tahu Apa Saja Kebiasaan Orang Berkulit Mulus?

Kulit mulus tidak bisa didapatkan dalam sekejap mata. Mereka yang memiliki kulit cantik memiliki kebiasaan-kebiasaan tertentu yang menjadikan kulitnya indah bercahaya. Mau tahu apa saja kebiasaannya?

Santi Photo
Santi
Contributor
di Skin Care

Kulitmu berbicara mengenai apa saja kebiasaan cantikmu. Kulit indah merupakan hasil dari kebiasaan merawat tubuh secara disiplin baik dari dalam maupun luar. Mungkin kamu sering bertanya apa yang orang-orang kulit mulus lakukan untuk mempertahankan kecantikan kulitnya. 6 kebiasaan berikut ini bisa kamu ikuti kalau kamu ingin kulitmu semakin cantik, mulus dan bersinar:

 

Mencukupi Cairan Tubuh

Orang-orang yang memiliki kulit mulus biasanya banyak minum untuk memastikan tubuhnya tidak kekurangan cairan. Cairan sangat membantu dalam membuang sisa-sisa hasil proses yang terjadi di kulit dan tubuh. Inilah yang membuat kulit semakin bercahaya. Selain itu, air juga berguna untuk membersihkan kotoran dan minyak yang berlebih, serta memastikn sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik. 15% bagian dari kulit adalah air, sehingga penting sekali untuk mendapatkan asupan cairan paling tidak 2 liter setiap hari. Aktris Lucy Liu mengatakan bahwa kulit mulusnya merupakan hasil dari pantang minum kafein dan asupan cairan yang cukup. 

Menjaga Kebersihan

Mandi sehari 2 kali adalah satu cara untuk menjaga kebersihan. Namun, jangan sampai melakukannya berlebihan karena dapat menghilangkan minyak alami dari kulit yang berfungsi untuk melembutkannya. Sebaiknya bilas dengan air dingin agar pori-pori tetap menutup usai dibersihkan, sehingga tidak akan ada kotoran-kotoran yang masuk ke dalam kulit dan menyebabkan infeksi. 

Pola Makan Sehat

Kulit sehat terpancar dari tubuh yang sehat. Dan tubuh yang sehat merupakan hasil dari pola makan yang juga sehat. Pola makan sehat orang-orang berkulit mulus antara lain adalah banyak mengkonsumsi buah, sayur, whole grain, dan menghindari makanan olahan. Asam lemak omega-3 juga sangat penting untuk dikonsumsi setiap hari karena dapat membuat kulit bersinar. Halle Berry membagi rahasia kulit cantiknya, yaitu rutin berolahraga dan pola makan sehat setiap hari.

Membatasi Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari pagi memang bermanfaat untuk pembentukan vitamin D. Namun di siang hari, sinar matahari sudah terlalu panas dan dapat merusak kulit serta menyebabkan kanker kulit. Mereka yang berkulit cantik sangat protektif terhadap kulitnya. Mereka melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan memakai baju yang menutupi sebagian besar kulitnya ketika berada di luar. Tak lupa, tabir surya juga selalu mereka gunakan untuk mengurangi efek buruk sinar UV matahari. Membawa payung juga cukup membantu untuk menjaga kulit wajah.

Membersihkan Makeup Sebelum Tidur Dan Scrubbing

Letih bukan alasan bagi orang-orang berkulit mulus untuk tidak membersihkan makeup sebelum tidur. Mereka cukup disiplin dalam hal ini karena mereka tidak menyepelekan efek bahan-bahan kimia itu bagi kulit cantik mereka, begitu pula dengan scrubbing. Scrubbing bukan berarti harus menggosok-gosok kulit dengan kuat. Yang terpenting adalah dapat membuang sel-sel kulit mati tanpa membuat kulit iritasi. Ini bisa dilakukan dengan bahan-bahan alami, seperti oat, bubuk lentil, atau kulit jeruk. Dengan ritual yang satu ini, bukan hanya sel-sel kulit mati yang dihilangkan, namun juga kotoran, debu, komedo, dan sisa-sisa kosmetik. Kelenjar rambut dan pori-pori yang sebelumnya tersumbat juga dapat dibersihkan, sehingga jerawat tidak akan muncul. Selain itu, jika dilakukan secara teratur, kemampuan kulit untuk cepat menyerap serum dan pelembab akan meningkat.

Merawat Jerawat dan Menghindari Stres

Agar tidak bertambah parah, jerawat harus ditangani dengan tepat. Menyentuh jerawat akan membuat infeksi semakin meluas dan menyebabkan lebih banyak jerawat tumbuh di sekitarnya. Sebenarnya jerawat lebih cepat sembuh, namun yang lebih lama adalah radang dan bekas yang ditinggalkannya. Mengutak-atik jerawat dapat menimbulkan bekas yang sulit hilang. Selain itu, salah satu cara untuk mencegah jerawat adalah dengan menghindari stres. Stres akan memicu produksi minyak dan akibatnya, jerawat mulai muncul. Oleh sebab itu, refreshing dan cukup istirahat sangat penting untuk mendapatkan kulit indah dan mulus.


Vitamin juga cukup penting untuk kecantikan kulit, termasuk vitamin C dan E. Selalu ingat, kulit mulus indah bergantung pada perawatan dari dalam dan luar yang kita lakukan.