Featured Image Article 2009

6 Cara Memanjangkan Rambut Serta Menebalkannya dengan Cepat

Sebagian besar wanita lebih memilih memiliki rambut panjang karena memang lebih fleksibel untuk ditata, serta terlihat lebih feminim. Bagaimana sih cara memanjangkan rambut serta menebalkannya?

Santi Photo
Santi
Contributor
di Hair

Memanjangkan rambut bisa dilakukan siapa saja. Namun, sudah tahukah kamu rahasianya agar rambut lebih cepat panjang? Merawat rambut seperti tips di bawah ini akan membuat rambutmu cepat panjang. Dan tak hanya itu saja, rambutmu juga akan lebih tebal, kuat, dan berkilau.

6 Cara Memanjangkan Rambut Serta Menebalkannya

Ingin memanjangkan rambut serta menebalkannya dengan cepat? Ikuti 6 cara ini, yuk!

Lakukan Trimming Secara Teratur

Sebaiknya lakukan trimming setiap 6 hingga 8 minggu sekali. Trimming dimaksudkan untuk memangkas ujung-ujung rambut yang bercabang dan pecah, serta kutikula yang rusak, sehingga ketika panjang nanti rambut tidak terlihat tipis akibat rambut-rambut yang tampak berserabut tadi. Rambut panjang haruslah tebal dan tetap kuat sampai ujungnya. Kamu hanya perlu memotongnya kurang lebih 2 inch setiap kali trimming. Kalau kamu merasa sayang untuk memotongnya, selalu ingat bahwa rambut yang sehat lebih cepat tumbuh dibandingkan rambut yang rusak dan mati. Pemakaian serum setelah trimming juga cukup penting untuk menyehatkan kembali rambutmu dan mencegah ujungnya pecah.

Dinginkan Rambutmu

Cara memanjangkan rambut dengan mendinginkannya

Jangan mencuci rambut dengan air panas karena dapat membuat rambut rapuh dan membuatnya lebih cepat rontok. Gunakan air hangat-hangat kuku, kemudian bilas dengan air dingin. Air dingin cukup membantu untuk melindungi kutikula rambut dan membuat rambut senantiasa bersinar.

Pergi Ke Salon

Rambut juga berhak dimanjakan sesekali. Pergilah ke salon dan dapatkan perawatan dari ahlinya, terutama perawatan deep-conditioning. Namun jika kamu merasa terlalu mahal kalau harus pergi ke salon, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah dengan produk kondisioner yang cocok dengan kondisi rambutmu. Kondisioner bukan hanya membuat rambut lebih kuat dan tidak rentan rusak, namun juga akan membuat rambut semakin bercahaya.

Sisir dengan Benar

Cara memanjangkan rambut dengan menyisirnya

Cara menyisir rambut sebenarnya dapat membantu, atau justru sebaliknya merusak rambutmu. Pastikan kamu menggunakan sisir dengan gigi lebar. Untuk mengurai rambut kusut, mulailah perlahan-lahan dari ujung rambut menuju ke atas, terutama jika rambutmu basah karena pada saat itulah rambut dalam kondisi paling rapuh. Dengan begitu, rambut tidak akan rusak dan rontok.

Pakai Produk Heat Protectant

Meskipun sebaiknya kamu menghindari penggunaan catok, alat pengeriting, hair dryer, dan alat-alat lain yang menggunakan panas, namun mungkin kamu tidak bisa selalu menghindarinya. Terutama di saat-saat kamu harus menghadiri acara-acara resmi. Oleh sebab itu, selalu sediakan produk heat protectant yang dapat melindungi rambutmu dari efek buruk alat-alat tersebut yang dapat merusak rambut dan menghambat pertumbuhannya. Gunakan produk tersebut sebelum memakai alat-alat panas itu agar kelembaban dan kekuatan rambutmu tetap terjaga.

Rambut Sehat Berawal dari Dalam

Penuhi kebutuhan gizi untuk memanjangkan rambut

Cara memanjangkan rambut yang terakhir adalah dengan memenuhi kebutuhan gizimu. Sudah bukan rahasia lagi bahwa apa yang nampak di luar sebagian adalah hasil dari apa yang ada di dalam. Begitu pula rambut. Menjaga pola makan sehat dan bergizi ternyata juga cukup berpengaruh pada pertumbuhan rambut. Kalau kamu merasa tidak yakin apakah kebutuhan gizimu sudah terpenuhi atau belum, kamu bisa mengonsumsi suplemen. Dalam waktu sebulan, lihat saja perubahan yang terjadi. Rambutmu pasti lebih cepat tumbuh dan sehat, dan yang lebih penting lagi, hal tersebut tidak hanya berguna bagi rambutmu saja, tapi juga sangat baik bagi kulit, kuku, dan kesehatanmu secara umum.


Jadi, jangan buang-buang waktumu untuk memanjangkan rambut, kalau ternyata rambut tersebut tidak sehat. Lakukan perawatan dengan lebih tepat, dan dapatkan rambut panjang tebal, sehat, dan berkilau. Selamat mencoba cara memanjangkan rambut di atas, ladies!