Featured Image Article 2013

Cara Menghilangkan Bau Kaki dengan 4 Bahan Alami

Bau kaki bisa membuat tidak percaya diri. Menutupinya dengan parfum, salah-salah justru bisa memperparah baunya. Hilangkan bau tersebut dengan cara yang lebih tepat seperti yang berikut ini.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Lifestyle

Masalah kaki bau bisa terjadi karena berbagai macam faktor. Selain faktor kurangnya kebersihan, ada juga faktor bawaan, kesehatan, tingkat stres, usia, dan masih banyak lagi. Kaki merupakan bagian tubuh yang sangat riskan bau karena memiliki ribuan kelenjar keringat, terutama pada bagian telapak kaki. Keringat yang bercampur dengan bakteri dan kelembaban akan menghasilkan bau tidak sedap pada kaki. Oleh karenanya, atasi masalah ini dengan bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan di rumah.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Hilang dengan Bahan Alami

4 bahan ini adalah solusi mudah untuk menghilangkan bau kaki yang mengganggu:

Garam Epsom

Cara menghilangkan bau kaki dengan garam

Cara menghilangkan bau kaki secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan garam epsom. Jenis garam yang satu ini mengandung magnesium dan sulfat yang mudah diserap kulit. Komposisi ini dapat membantu mengurangi racun di dalam tubuh dan mengusir bakteri dari kaki. Merendam kaki di dalam garam epsom setiap hari akan mengurangi bau kaki tidak sedap dan membunuh bakteri penyebabnya. Campurkan setengah cangkir garam epsom ke dalam air hangat. Rendam kakimu selama 15 menit dan gosok kaki dengan garam epsom kering setiap 5 menit. Keringkan kaki dan kenakan sandal atau bertelanjang kaki selama 1 jam setelah itu.

Jahe

Cara menghilangkan bau kaki dengan jahe

Jahe bisa digunakan untuk detoksifikasi tubuh. Bumbu dapur yang sangat kaya manfaat ini juga memiliki kandungan antibakteri yang berguna untuk melawan kuman dan bakteri. Haluskan 2 inch jahe, kemudian masukkan di dalam kain kasa atau sapu tangan yang sudah tidak terpakai. Ikat kencang agar tidak keluar isinya. Siapkan air panas di dalam baskom atau ember, dan masukkan buntalan jahe tadi ke dalam air panas tersebut. Tunggu 5 menit, kemudian rendam kakimu beberapa saat. Lakukan ini setiap malam sebelum tidur.   

Cuka

Cara menghilangkan bau kaki dengan cuka

Cara menghilangkan bau kaki secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka. Bau asam dari cuka sepertinya bukan solusi yang tepat untuk mengatasi kaki bau. Namun, tahukah kamu bahwa kandungan asam itulah yang bisa menghilangkan bakteri dari kaki. Kamu bisa menggunakan cuka sari apel atau cuka biasa. Masukkan cuka dan thyme essential oil ke dalam air hangat, kemudian aduk sampai tercampur rata. Rendam kaki selama 25 menit, dan jangan membilasnya jika sudah selesai. Cukup tepuk-tepuk dengan handuk sampai kering sebelum tidur. Lakukan setiap hari sampai kamu mendapatkan hasil yang diinginkan.

Teh Hitam

Cara menghilangkan bau kaki dengan teh hitam

Teh hitam memiliki kandungan asam tannic yang mampu berperan sebagai agen antibakteri dan astringent. Hal ini dapat menyegarkan kembali kaki dan mengurangi keringat berlebihan. Gunakan teh hitam celup sebanyak 4 buah, dan masukkan ke dalam air panas. Biarkan selama 10 menit sampai teh tercampur, kemudian rendamlah kaki selama 1 jam dan langsung keringkan menggunakan handuk.


Untuk mencegah timbulnya bau pada kaki, sebaiknya kamu juga selalu menjaga kebersihan sepatu. Pilih sepatu yang memungkinkan kakimu untuk bisa bernafas, misalnya yang berbahan kanvas dan kulit. Selain itu, ganti kaus kaki setiap 2 hari sekali, dan jangan memakainya ketika kaki dalam keadaan basah. Selamat mencoba cara menghilangkan bau kaki ini, ladies!