Featured Image Article 2018

Obat Antibiotik Saat Sakit, Perlukah?

Ternyata kamu tidak perlu antibiotik lho kalau hanya sakit ini!

Cut Auzola Photo
Cut Auzola
Blogger
di Health

Mungkin antibiotik merupakan hal yang pertama terlintas di kepala kita saat sakit. Tidak sedikit orang yang buru-buru meminum antibiotik saat sakit dan terkadang tidak meminum antibiotik tersebut sesuai anjuran resep. Selain itu, sebagian dokter juga banyak yang sangat mudah memberikan resep obat antibiotik pada pasiennya yang hanya terserang demam atau batuk dengan pertimbangan agar si pasien cepat sembuh. Padahal terkadang hal ini malah dapat membahayakan pasien karena meminum obat yang seharusnya tidak perlu diminum.

Hari Paraton, ketua Komite Pengendalian Resistensi Antimikroba (KPRA), menjelaskan bahwa sebagain besar penyakit yang diderita masyarakat seperti demam, batuk, radang, diare, dan sebagainya, sebenarnya tidak membutuhkan obat antibiotik dikarenakan 70-80% penyakit tersebut sebenarnya muncul dari virus yang tidak membutuhkan antibiotik.

BACA JUGA: Sakit? Pakai Masker Sekarang!

Jadi, jika memang memerlukan obat, sebaiknya penderita penyakit diatas cukup meminum paracetamol, selain dari itu pasien dianjurkan untuk istirahat cukup dan makan makanan yang sehat. Tetapi jika penyakit disebabkan oleh kuman atau infeksi bakteri, pemberian antibiotik memang dianjurkan dan sangat dibutuhkan untuk membunuh kuman dan bakteri yang menginfeksi.

Tetapi, antibiotik yang diminum juga tidak bisa sembarangan dan meminumnya harus sampai tuntas. Jika tidak, bukannya menyembuhkan penyakit yang ada malah membuat bakteri dan kuman tersebut memiliki resistensi terhadap antibiotik yang diminum.

Oleh karena itu ladies, pastikan dulu apa penyakit mu sebelum sembarang mengkonsumsi antibiotik!

BACA JUGA: Konsumsi Makanan Ini Agar Cepat Sembuh Saat Sakit