Featured Image Article 2022

Langkah Tepat Memakai Makeup Untuk Kulit Wajah Kering

Buat kamu yang berkulit kering, salah satu tantanganmu adalah bagaimana membuat makeup tetap menempel dan tidak pecah. Ikuti langkah-langkah ini agar makeup di kulit keringmu tampak sempurna.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Makeup

Jenis kulit yang berbeda memerlukan cara yang berbeda pula untuk mengaplikasikan makeup. Kulit kering sering mengalami permukaan yang kasar dan mengelupas. Inilah yang sering menjadi kendala untuk membuat makeup di wajah halus dan mulus tanpa cela. Diperlukan urutan langkah yang tepat agar hasilnya sempurna.

Ikuti Langkah-langkah Memakai Make Up Ini Kalau Kulit Wajahmu Kering

Langkah-langkah berikut ini akan membantumu mendapatkan hasil make up yang maksimal meski kulitmu kering:

Persiapan

  1. Sebelum memakai make up, bersihkan muka menggunakan pembersih muka yang memiliki butiran-butiran lembut untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan wajah,
  2. Sebagai pelembab, gunakan serum atau minyak yang cepat diserap agar dapat segera bekerja menjaga kelembaban kulit,
  3. Yang paling penting dalam tahap persiapan adalah untuk memakai primer. Primer memiliki cukup banyak manfaat untuk membuat makeup wajah sempurna. Primer berfungsi untuk meratakan warna kulit, mempertahankan kelembaban kulit, serta membuat make up tahan lama terutama bagi kulit kering. Gunakan sebelum memakai foundation.

Formula Yang Tepat

  1. Kalau kulitmu kering dan mengelupas, sebaiknya pilih foundation berbentuk krim atau cair yang mengandung minyak. Atau kamu juga bisa menggunakan krim BB (Beauty Balm) yang memiliki kandungan pelembab bagi kulit, seperti vitamin B dan asam hyaluronic. Hindari penggunaan foundation yang berat dan padat karena dapat memicu iritasi dan merusak make up-mu,
  2. Untuk kulit kering yang mengelupas, pilihan terbaik memang foundation ringan. Dan untuk mengaplikasikannya, gunakan beauty blender yang sudah dibasahi sehingga foundation dapat menempel sempurna dan hasilnya lebih natural.  
  3. Gunakan blush on berbentuk cair atau krim jika kulitmu kering agar kulit tetap lembab dan blush on tidak pecah ketika diaplikasikan. Hindari blush on berbentuk powder.
  4. Bibir yang cenderung kering sebaiknya menjauhi lipstik matte atau yang mengandung formula long-wearing untuk pemakaian tahan lama karena lipstik semacam ini akan memperparah kondisi bibir yang kering. Pilihlah lipstik jenis sheer atau lip gloss agar bibir terlihat lebih segar dan lembab.

Di samping itu, bagi pemilik kulit kering dianjurkan untuk tidak menggunakan bedak. Atau hanya gunakan pada area T-zone, termasuk dagu, dahi, dan hidung. Makeup dengan formula waterproof juga tidak cocok untuk kulit kering karena formula ini menyerap kelembaban dari kulit. kulit kering sebenarnya juga merupakan hasil dari pola makan yang sehat. Oleh sebab itu, perbaiki pula dengan mengkonsumsi makanan yang lebih bergizi.