Featured Image Article 2035

7 Alasan Kenapa Kamu Harus Sedia Minyak Kelapa Di Kamar Mandi

Kalau belum mengenal minyak kelapa, kamu pasti akan terkejut dengan manfaat yang bisa didapat dari bahan ini. Untuk itulah, kamu harus tahu 7 alasan kenapa kamu sebaiknya selalu sedia minyak kelapa.

Santi Photo
Santi
Contributor
di Lifestyle

Minyak kelapa sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Bahan alami cukup fleksibel digunakan untuk berbagai macam tujuan dengan cara yang tidak rumit pula. Oleh karenanya, tidak rugi selalu menyiapkan bahan ini di rumah karena kamu tidak tahu kapan akan membutuhkannya. Seperti 7 hal yang bisa kamu lakukan dengan minyak kelapa berikut ini. Simak 7 manfaat minyak kelapa ini dan buktikan sendiri khasiatnya:

Pelembab Terbaik

Ini merupakan manfaat minyak kelapa yang paling sering digunakan. Jika dipakai usai mandi, kulitmu akan semakin lembut dan bercahaya. Minyak kelapa juga bisa menyamarkan bekas luka dan stretch mark, serta meremajakan kulit. Pada awal pemakaian memang terasa berminyak, namun minyak kelapa akan segera meresap ke dalam kulit. Selain itu, bahan alami ini juga dapat dipakai untuk mengatasi wajah berminyak, yaitu dengan menarik kotoran dan membuka pori-pori. Mulai dengan jumlah sedikit dulu, kemudian gunakan pada area di sekitar mata, wajah, dan bibir.   

Membersihkan Mulut

Minyak kelapa ternyata juga bermanfaat untuk membersihkan mulut dari bakteri dan racun yang menyebabkan peradangan. Ambil 2 sendok makan minyak kelapa pada saat kamu bangun tidur dan belum makan apapun, kemudian kumurkan di dalam mulut selama 10 hingga 20 menit. Keluarkan minyaknya, dan gosok gigimu seperti biasa. Kamu juga bisa menambahkan minyak esensial, seperti peppermint, rosemary, atau eucalyptus, untuk menambah khasiat antibakteri dan antivirusnya.   

Perawatan Rambut Yang Ampuh

Untuk kesehatan rambut, minyak kelapa sebaiknya digunakan sebelum atau setelah keramas. Nutrisi dari minyak kelapa dapat mencegah rambut kehilangan lebih banyak protein, sehingga rambut jadi sehat dan indah. Sebuah studi yang dipublikasikan di The Journal Of Cosmetic Science membandingkan minyak kelapa dengan minyak mineral dan minyak bunga matahari. Hasilnya menunjukkan bahwa hanya minyak kelapa saja yang secara signifikan dapat menjaga protein pada rambut. Gunakan ½ sendok makan minyak kelapa, oleskan pada rambut mulai dari akar turun ke bawah sampai ke ujungnya. Biarkan selama 10 hingga 15 menit, bilas sampai bersih.

Teman Mencukurmu

Mencukur bulu atau rambut pada tubuh sebaiknya selalu ditemani produk atau bahan yang berfungsi sebagai bantalan antara alat cukur dan kulit sehingga tidak riskan terluka. Kamu bisa mengganti krim cukur dengan minyak kelapa untuk tujuan ini. Gunakan pada area yang akan dicukur agar kulit lebih lembut dan tidak iritasi. Kamu juga bisa memakainya setelah bercukur untuk mendinginkan kulit dan membuatnya lebih nyaman sehabis terkena gesekan pisau cukur.

Pembersih Makeup Mata Yang Efektif

Maskara, eye shadow, eye liner, dan pensil alis memang bisa membuatmu matamu lebih cantik. Namun, salah satu hal yang paling merepotkan adalah membersihkannya. Untuk itu, sediakanlah minyak kelapa karena minyak ini sangat efektif untuk membersihkan makeup. Cuci wajahmu terlebih dahulu, kemudian bersihkan lagi sisa-sisa makeup dengan minyak kelapa.

Mengusir Jamur Pada Kuku

Jamur kuku cukup sulit untuk dihilangkan. Bahkan setelah berbulan-bulan perawatan pun seringkali masih belum bisa dihilangkan juga. Minyak kelapa sebenarnya merupakan obat yang efektif untuk menghilangkan jamur pada kuku semacam ini. Asam lemak dari minyak kelapa akan masuk ke dalam membran jamur dan mengganggu fungsinya, sehingga sel-sel jamur tersebut pun akan rusak. Oleskan minyak kelapa ke bagian kuku yang terserang jamur, gosok perlahan, biarkan terserap dan kering. Lakukan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari dengan disiplin. Jika lebih dari 1 kuku yang terinfeksi, cuci tanganmu sebelum berpindah ke kuku lainnya, atau gunakan sarung tangan.

Meredakan Ruam Dan Luka Bakar

Tak hanya dapat meredakan ruam dan luka bakar pada orang dewasa, minyak kelapa juga bisa digunakan untuk mengatasi ruam karena penggunaan popok pada anak-anak. Campuran minyak kelapa dan tea tree essential oil sangat bagus sebagai antimikroba dan antiseptik. Gunakan 1-2 tetes tea tree oil dan sedikit minyak kelapa, kemudian pijat lembut pada ruam.


Nah, tak ada ruginya kan selalu sedia minyak kelapa di rumah?