Featured Image Article 2047

Ketahui 7 Cara Merawat Rambut dengan Keramas yang Benar

Sudahkah kamu merawat rambut lewat keramas dengan benar, ladies?

Inka Photo
Inka
Contributor
di Hair

Merawat rambut untuk tampak indah memang ada banyak cara, tapi cara yang paling mudah adalah dengan keramas. Mencuci rambut atau keramas mungkin sudah menjadi kegiatan rutin. Tapi apakah hanya bersih saja tujuan dari keramas? Tentu tidak, ladies! Keramas, selain menjaga kebersihan rambut, juga bertujuan untuk menjaga kesehatan rambut. Jadi perhatikan cara keramasmu, bisa jadi cara keramas yang salah membuat kerusakan rambut semakin parah.

Seorang pemilik salon di Amerika Serikat yaitu Nunzio Saviano dari Nunzio Saviano Salon di New York dan ahli pewarna rambut, Kyle White serta pimpinan di Oscar Blandi Salon memberikan tips untuk merawat rambut dengan keramas yang benar. Yuk, simak!

7 Cara Merawat Rambut dengan Keramas yang Benar

Merawat rambut memang kelihatannya gampang, tapi apa kamu yakin sudah melakukannya dengan benar lewat keramas setiap harinya?

1. Gunakan Air Hangat

Seperti mencuci rambut pada umumnya, proses pertama adalah membilas rambut sebelum mengaplikasikan sampo. Tapi, pastikan kamu menggunakan air hangat karena akan membuka kutikula, yang baik untuk menghilangkan kotoran atau sisa produk rambut.

2. Gunakan Conditioner Sebelum Keramas

Untuk menghindari kondisi rambut yang kering, gunakan kondisioner dari bagian tengah hingga ujung rambut sebelum keramas. Setelah kering, rambut kamu akan menjadi bebas dengan rambut kering yang keluar-keluar.

3. Pastikan Busa Hanya Ada di Area Kulit Kepala

Anda hanya perlu membusakan sampo di kulit kepala, terutama pada tengkuk. Rambut yang paling dekat dengan kepala adalah yang mudah mengalami lepek, sedangkan ujung rambut adalah yang tertua dan biasanya kering, bagian rambut yang paling rapuh. Jangan menggunakan sampo lebih dari yang kamu butuhkan.

4. Jangan Kasar

Cucilah rambut dengan lembut seperti kamu mencuci bahan halus dengan hati-hari. Gesekkan kasar akan merusak kutikula rambut dan bahkan bisa menjadi kerusakan permanen. Mulai dengan membusakan sampo di akar rambut, yang meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Lakukan dengan cara vertikal, jangan dengan gerakan melingkar, yang membuat rambut kusut. Ratakan busa sampo hingga ujung rambut dengan gerakkan membelai lurus, hindari menggunakan gerakkan bolak balik seperti mencuci pakaian di atas papan.

5. Jangan Membilas Lalu Mengulangi Sampo Lagi

Hindari menyampo dua kali, karena akan membuat lapisan rambut terluar terkelupas. Ini mungkin diperlukan jika rambut benar-benar kotor dan sampo pertama tidak berbusa.

6. Gunakan Conditioner

Setelah rambut dibilas dan bersih dari busa, kurangi air yang ada pada rambut dengan sedikit memerasnya, kemudian gunakan pelembab rambut dari bagian tengah hingga ujung rambut. Jangan menaruh conditioner pada akar rambut, karena akan membuat rambut semakin berminyak. Semakin lama conditioner pada rambutmu, semakin menyerap dengan baik pada rambut.

7. Bilasan Terakhir dengan Air Dingin

Setelah kamu memulai keramas dengan air hangat, bilas terakhir rambutmu dengan menggunakan air dingin akan menutup kutikula, menyegel lapisan luar rambut, yang akan menyebabkan rambut terlihat ringan dan berkilau.


Hal yang paling penting adalah memilih sampo dan conditioner sesuai dengan jenis rambutmu ya, ladies. Seberapa sering melakukan keramas, itu tergantung pada jenis rambut setiap orang. Sangat disarankan untuk menggunakan air yang memiliki penyaringan air atau wash filter, agar kandungan karat dan mineral pada air yang dapat membuat rambut kusam hilang. Nilai plus-nya lagi, ini bisa membuat rambut menjadi terasa lebih lembut.