Featured Image Article 2052

Fakta Mengejutkan Tentang Daun Kelor yang Belum Kamu Ketahui!

Masih saja beranggapan bahwa daun kelor hanya berhubungan dengan hal mistis ladies? Lihat fakta mengenai daun kelor yang satu ini!

Inka Photo
Inka
Contributor
di Lifestyle

Kelor atau merunggai (Moringa Oleifera) adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menobatkan kelor sebagai “Pohon Ajaib” dan sangat menganjurkan anak-anak dan bayi mengonsumsi daun yang satu ini.

Mengapa Demikian?

Hal ini dikarenakan daun kelor memiliki kandungan vitamin C 7x lebih banyak daripada jeruk, kalsium 4x lebih banyak daripada susu, vitamin A 4x lebih banyak daripada wortel, protein 2x lebih banyak daripada susu dan potassium 3x daripada pisang, vitamin B2, pterigospermin, minyak atsiri, alkaloid moringin, moringinin dan minyak lemak.

National Institute of Health (NIH) mengatakan bahwa dari tradisi pengobatan ayurveda India kuno menunjukkan bahwa 300 jenis penyakit dapat diobati dengan daun kelor. Sebutan “Pohon Ajaib” mungkin memang pantas untuk daun kelor karena kandungan nutrisi yang ada pada daun kelor bisa menjadikannya sebagai jalan keluar untuk masalah gizi buruk yang banyak sekali dialami oleh masyarakat menengah ke bawah.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kecantikan

 ‘Dunia Tak Selebar Daun Kelor’, tapi manfaat daun kelor jauh ‘lebih lebar’ daripada daunnya. Daun kelor digunakan untuk menghilangkan noda hitam atau flek pada wajah.

Ini dia caranya:

  • Beberapa daun kelor yang sudah dicuci bersih.
  • Kemudian tumbuk hingga halus, beri sedikit air dan gunakan sebagai masker.
  • Biarkan beberapa menit kemudian basuh dengan air dingin.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

  1. Mengobati Sariawan
    Daun kelor yang tinggi vitamin C dapat dimanfaatkan sebagai obat sariawan dengan cara mengolahnya menjadi sayur untuk lauk makan atau merebusnya lalu meminum airnya.

  2. Menjaga Kesehatan Otak
    Menurut penelitian, potasium merupakan zat yang mampu memelihara kesehatan otak dan saraf. Karena itulah, mengkonsumsi daun kelor sebagai sayur atau makanan lain sangat baik untuk menjaga kesehatan otak dan saraf.

  3. Menjaga Kesehatan Mata
    Daun kelor yang tinggi kandungan vitamin A sangat ampuh dalam pencegahan dan pengobatan penyakit mata. Bahkan juga mampu mencegah penyakit lain seperti penyakit kulit, gangguan pencernaan, penyakit jantung dan lain-lain.

  4. Mencegah Osteoporosis
    Kelor adalah tanaman berkalsium tinggi yang membuat tulang menjadi kuat dan mencegah terjadinya keropos tulang.

  5. Mengatasi Pegal Linu dan Nyeri Otot
    Dalam daun kelor, terdapat kandungan bernama pterigospermin yang bermanfaat sebagai penghangat. Rasa hangat inilah yang kemudian akan membuat otot tubuh menjadi rileks. Ini bisa dilakukan dengan cara menghaluskannya kemudian membalutkan dan mendiamkannya selama beberapa waktu diatas kulit bagian tubuh yang terasa sakit.

  6. Mengatasi Kulit Kering
    Vitamin B2 merupakan vitamin yang mampu menjaga kelembapan kulit. Untuk menghindari kulit kering, mulailah mencoba membiasakan diri mengkonsumsi olahan dari daun kelor secara rutin.

Wah, ternyata banyak banget ya manfaat daun kelor. Tanaman ini sangat mudah lho penanaman dan perawatannya, jadi gak ada ruginya kan jika mencoba menanamnya dirumah? Itung-itung, sekalian buat penghuni baru tamanmu kan ladies. Seandainya pun harus membeli untuk mendapatkannya, harganya juga terjangkau ladies. Jadi, tunggu apalagi? Segera masukkan daun kelor ke menumu ya!