Featured Image Article 2059

Camilan Sehat Untuk Otak dan Tubuhmu

Ngemil sehat itu nyata jika kamu konsumsi 4 jenis makanan ini! Simak selengkapnya di artikel ini yuk, ladies!

Cut Auzola Photo
Cut Auzola
Blogger
di Food

Siapa sih yang tidak suka ngemil? Ngemil memang suatu kebiasaan yang sangat menyenangkan, terutama saat sedang dalam waktu luang, maupun saat bekerja. Tetapi cemilan yang biasa kita konsumsi seringkali malah membahayakan kesehatan. Selain karena dapat mengarah pada kegemukan, camilan tidak sehat juga dapat membahayakan fungsi tubuh dan otak jika terlalu sering dikonsumsi.

Mengonsumsi camilan tidak sehat juga dapat membuat tubuh dan otak menjadi cepat lelah, sehingga kita bisa saja menjadi tidak maksimal dalam mengerjakan sesuatu. Berikut beberapa camilan sehat dengan berbagai manfaat yang dapat kamu konsumsi!

Kacang

Kacang mengandung banyak protein dan juga lemak sehat. Beberapa kacang, seperti almond, mengandung vitamin E yang dapat mencegah penurunan kinerja otak. Selain itu, beberapa kacang lainnya, seperti walnut, mengandung omega-3 yang baik bagi tubuh dan otak.

Telur Rebus

Telur rebus mengandung protein yang tinggi dan juga lemak yang baik untuk tubuh. Selain itu telur rebus juga mengandung selenium, yang ternyata terbukti dapat membantu membuat mood menjadi lebih stabil. Telur rebus juga mengandung vitamin B12 yang tinggi kandungan kolin, yang merupakan nutrisi penting bagi sel tubuh dan juga membantu pembentukan neurotransmitter pada otak. 

Wortel 

Wortel mengandung banyak sekali serat berguna bagi tubuh dan juga vitamin A yang dapat mengatasi inflamasi dan juga mempertahankan daya ingat. Kamu bisa mengkonsumsi wortel batangan yang matang maupun sedikit direbus.

Pisang

Pisang mengandung serat yang sangat tinggi di mana hal ini dapat membuat mu terasa kenyang lebih lama. Selain itu pisang juga mengandung magnesium yang mendukung kerja otak, serta asam amino yang dapat membantu mu untuk lebih tenang dan fokus. Sebagai tambahan, pisang juga mengandung potasium yang dapat mengurangi kadar stres karena membantu peredaran darah menjadi lebih lancar.

Alpukat

Alpukat mengandung banyak lemak baik dan dapat membuat mu merasa kenyang lebih lama. Alpukat juga merupakan 'superfood' karena mengandung lutein, folat, vitamin K, potasium, dan sebagainya yang baik untuk tubuh dan otak. Cukup belah buah alpukat menjadi dua dan kerok menggunakan sendok. 

Buah Zaitun

Buah zaitun sangat baik untuk tubuh, sama seperti minyak zaitun. Buah zaitun mengandung lemak baik yang baik untuk otak dan juga jantung. Selain itu buah zaitun juga mengandung polyphenols yang dapat mengurangi kemungkinan dementia.

Blueberry

Blueberry tidak hanya enak tetapi juga makanan yang sangat baik untuk otak. Beberapa penelitian menemukan bahwa flavonoids yang terkandung dalam blueberry dapat meningkatkan daya ingat serta daya kerja otak. Selain itu di katakan kalau blueberry juga dapat mengurangi kemungkinan alzheimer dan juga parkinson.

Greek Yogurt

Greek Yogurt mengandung protein dan kalsium dua kali lebih banyak dari yogurt biasa, yang pastinya sangat baik untuk tubuh serta dapat membuat kita lebih tenang dan terhindar dari perasaan panik berlebihan. Greek yogurt juga mengandung potasium, zinc dan vitamin B6 serta B12 yang pastinya baik untuk tubuh dan otak.


Selain enak, ternyata camilan sehat banyak manfaatnya! Yuk, mulai sekarang ganti cemilan tidak sehatmu dengan cemilan sehat!