Featured Image Article 2060

5 Cara Meluruskan Rambut Secara Alami

Wow! Ternyata rambut bisa lurus dengan cara-cara alami ini!

Sapho Photo
Sapho
Contributor
di Hair

Tren rambut lurus hingga saat ini masih banyak digandrungi oleh para wanita, banyak penawaran paket pelurusan rambut dapat dijumpai di setiap salon kecantikan. Namun selain menempuh jalan menggunakan teknik pelurusan rambut lewat bisa merusak kesehatan rambut, ada beberapa cara meluruskan rambut secara alami yang dapat dicoba:

1. Susu

Untuk mendapatkan rambut lurus dan alami, kamu bisa menggunakan susu. Caranya, campurkan susu dan air di dalam botol spray lalu aduk hingga rata. Semprotkan secara merata pada rambut dan diamkan hingga mengering selama 20–25 menit. Setelah itu bilaslah rambut tanpa menggunakan sampo. Selain itu, kamu juga bisa mencampur susu dan madu untuk hasil yang maksimal dengan cara yang sama. Perbedaannya hanya waktu menunggu hingga keringnya. Tunggulah selama 2 jam, lalu bilas dan sisir rambut dengan lembut.

2. Telur dan Susu

Kedua bahan ini dapat dicampur menjadi satu dan dijadikan masker, lho. Caranya, siapkan 1 butir telur ayam, dan letakkan bagian putihnya pada sebuah mngkuk. Setelah itu, tambahkan 2 cangkir susu putih tanpa pemanis, lalu aduk rata.  Oleskan masker tersebut ke seluruh rambut, helai demi helai rambut dan diamkan selama 15 menit sambil ditutup dengan shower cap.

Maksimal penggunaan masker ini adalah selama 30 menit. Sebelum mengaplikasikan masker rambut ini, kamu harus keramas dan menggunakan kondisioner terlebih dahulu.

3. Minyak Rambut

Oleskan kuli kepalamu dengan minyak rambut jenis apa saja yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, dan biarkan sambil dipijat selama 15-20 menit. Setelah itu, sisir rambut dan bungkus kepala dengan handuk hangat. Biarkan selama 30 menit. Lakukan cara ini setiap malam sebelum tidur, dan paginya bilaslah rambut dengan air bershih dan sampo.

4. Air Kelapa dan Air Lemon  

Siapkan segelas air kelapa dan campurkan dengan 2 sendok makan air jeruk lemon. Lalu, diamkan kedua cairan tersebut beberapa saat dan masukkan ke dalam lemari es. Untuk cara penggunaannya cukup dioleskan secara merata pada bagian seluruh rambut hingga pada akar kepala sambil melakukan pemijatan. Setelah itu sisir rambut dengan lembut lalu bungkus dengan shower cap. Diamkan sebentar lalu bilaslah dengan air bersih.

5. Cuka

Mungkin terdengar sedikit aneh dan agak menakutkan. Namun, cuka ini dapat memberikan efek rambut yang semakin lurus licin dan bersinar, lho!

Caranya adalah dengan menyiapkan satu gelas air putih dan masukkan beberapa tetes cuka. Setelah itu, usapkanlah pada rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih dan sampo. Sebaiknya, gunakanlah setelah kamu menerapkan salah satu cara meluruskan rambut lainnya.


Selamat mencoba 5 cara alami untuk meluruskan rambut di atas, ladies!