Featured Image Article 2062

Tidak Mau Cepat Ubanan? Kalau Begitu Kamu Perlu Makan Makanan Ini

Banyak faktor yang membuat uban tumbuh lebih awal, tapi kamu tidak perlu panik. Ini dia makanan- makanan yang bisa mencegah kamu dari ubanan dini.

Sapho Photo
Sapho
Contributor
di Hair

Uban adalah tanda bahwa seseorang mengalami penuaan. Namun bukan hanya karena faktor umur, uban juga bisa muncul karena beberapa faktor seperti pemakaian sampo yang tidak cocok, pola makan yang salah hingga pola hidup yang tidak sehat sehingga menyebabkan uban bisa muncul di usia dini. Nah kamu nggak mau kan ladies uban tiba- tiba muncul dan mengurangi keindahan rambut kamu? Berikut adalah beberapa makanan yang bisa mencegah tumbuhnya si rambut putih ini.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan B6 dan B12 yang sangat diperlukan untuk kesehatan rambut. Salah satu sayuran hijau yang sangat baik adalah bayam, karena kandungan pada bayam bisa menghasilkan pigmen yang mampu mempertahankan warna asli rambut. Selain bayam, ada juga buncis dan daun salam yang mengandung mineral protein yang sangat berguna menyuburkan rambut.

Cokelat

Cokelat memiliki banyak kandungan zat tembaga yang berfungsi menghasilkan zat melanin pada rambut, dan zat melalin sendiri berfungsi untuk memproduksi warna pada rambut, sehingga sangat bermanfaat untuk mencegah tumbuhnya uban lebih awal.

Garam

Garam memiliki kandungan yodium, kandungan yodium ini selain mencegah penyakit gondok juga berfungsi mencegah tumbuhnya uban. Manfaat yodium lainnya juga bisa didapatkan di pisang, wortel dan ikan. Selain mencegah tumbuhnya uban, garam juga dapat berfungsi untuk membuat rambut bergelombang secara alami loh, ladies.

Ikan Salmon

Ikan salmon terkenal sangat kaya gizi, salah satunya mengandung selenium yang berfungsi untuk mengatur produksi hormon agar tetap mempertahankan warna hitam rambut kamu.

Buah Berry

Jenis buah berry antara lain strawberry, raspberry, blueberry, blackberry dan lain- lain. Buah- buahan keluarga berry banyak mengandung vitamin C. Selain bisa mencegah penuaan dini, kandungan vitamin C pada buah-buahan tersebut juga bisa membantu mencegah tumbuhnya uban lebih awal. Hal ini karena dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit dan pasokan darah segar tetap lancar sehingga rambutpun menjadi sehat.

Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari atau biasa dikenal dengan kuaci banyak mengandung mineral yang berfungsi menjaga sel melanin pada rambut sehingga uban tidak mudah muncul di rambut.

Kacang Almond

Kacang almond mengandung vitamin E yang dapat menjaga kesehatan kulit dan juga membantu memperlambat proses memutihnya rambut, sehingga bisa membuat rambut menjadi indah. Tidak hanya mengandung vitamin E, kacang almond juga memiliki kandungan zat tembaga yang bagus karena ketika rambut berubah abu-abu karena kekurangan tembaga, mengkonsumsi suplemen tembaga dapat membalikkan proses.

Telur

Telur memiliki kandungan zat B12 yang diperlukan oleh rambut untuk tetap mempertahankan warnamya agar tetap hitam. Selain memakan telur, penggunaan telur ini juga bisa dengan cara dioleskan ke rambut dengan mencampurnya dengan minyak zaitun ataupun madu.

Tiram

Tiram atau (oyster) memiliki kandungan zat besi atau zinc yang berguna menjaga rambut agar tetap kuat dan mencegah tumbuhnya uban di usia dini. Selain mencegah tumbuhnya uban, zat besi juga dapat mencegah kerusakan rambut dan kulit kepala kering.

Jadi gimana ladies? Sekarang kamu tidak perlu takut lagi akan tumbuhnya uban yang mengganggu penampilan kamu kan.