Featured Image Article 2069

Cara Aman Mengkonsumsi Daging Bagi Tubuh

Idul Adha memang identik dengan kosumsi daging. Namun konsumsi daging yang berlebihan bisa membahayakan bagi tubuh, agar kesehatan tubuh tidak terganggu, perhatikanlah beberapa hal berikut ini!

Kasih Elia Photo
Kasih Elia
Blogger
di Food

Hari raya Idul Adha, selalu identik dengan konsumsi daging qurban, baik itu daging kambing maupun daging sapi. Namun bagi beberapa orang, mengkonsumsi daging tidak bisa sembarangan karena bisa mengganggu kesehatan tubuh. Apalagi untuk kamu yang memiliki kadar kolesterol tinggi atau gangguan kesehatan lainnya. Konsumsi daging terutama kambing bisa jadi hal yang harus dihindari.

Untuk tetap bisa mengkonsumsi daging dengan aman dan tidak mengganggu kesehatan, ada baiknya jika kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini!

Jangan Konsumsi Daging Sebelum Tidur

Saat akan tidur, sebaiknya usahakan untuk tidak mengkonsumsi daging. Selain mengganggu kesehatan pencernaan, konsumsi daging sebelum tidur juga bisa mengganggu kualitas tidurmu. Jika kamu memangsa untuk tetap mengkonsumsi daging, sebaiknya jangan tidur sampai setidaknya 2-3 jam setelahnya ya.

Konsumsi Serat

Terlalu banyak mengkonsumsi daging biasanya akan menyebabkan susah BAB. Untuk mengatasinya, jangan lupa juga untuk menyiapkan beberapa jenis makanan berserat sebagai pendamping. Konsumsi serat akan membantu melancarkan saluran pencernaamu.

BACA JUGA: Sering Susah Buang Air Besar? Ini Dia 5 Penyebabnya!‚Äč

Air Putih

Air putih selalu bisa menjadi sahabat baik bagi tubuhmu. Selain memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh, konsumsi air putih juga bisa mendorong sisa makanan dan melancarkan pencernaan. Pilih juga minuman yang hangat untuk membersihkan sisa-sisa yang menempel di tenggorokan

Pisahkan Bagian Lemak dari Daging

Sebelum memasak daging kambing ataupun sapi, ada baiknya kamu memisahkan bagian lemak dari dagingnya. Selain memisahkan lemak, usahakan juga untuk tidak mengurangi makanan manis.

Masak dengan Cara Dipanggang

Untuk kamu yang suka mengkonsumsi daging kambing, olahlah dengan cara dipanggang atau dibakar. Dengan cara dibakar, lemak pada daging akan berkurang bersamaan dengan prosesnya dan jangan lupa tambahkan bumbu rempah-rempah sebelum dibakar.


Itu dia beberapa tips untuk tetap bisa menikmati konsumsi daging tanpa harus khawair berlebihan. Perhatikan juga porsi daging yang kamu konsumsi dan jangan berlebihan. Selain daging buatlah makanan-makanan yang terbuat dari sayur atau makanan kaya serat agar pencernaan tetap lancar.

Hal ini tidah hanya berlaku di hari Idul Adha saja lho, tapi juga bisa kamu lakukan di hari-hari biasanya!

Selamat Hari Raya Idul Adha ladies!

BACA JUGA: 3 Manfaat Dahsyat Memakan Daging