Featured Image Article 2118

Mouthwash Malah Bikin Gigi Kusam, Benarkah?

Menggunakan produk mouthwash memang membuat mulut jadi segar, tetapi apa benar mouthwash baik untuk kesehatanmu?

Melisa Photo
Melisa
Contributor
di Lifestyle

Produk mouthwash. Siapa sih yang tak kenal dengan produk kebersihan mulut yang satu ini?

Sekarang produk mouthwash semakin variatif ya, ladies. Kamu bisa menemukan banyak produk mouthwash yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ada yang memiliki kandungan untuk memutihkan gigi, kandungan mint yang sangat segar, hingga mouthwash untuk gigi yang sensitif.

Apa pun jenis mouthwash yang kamu gunakan, tujuannya pasti untuk membuat mulut lebih bersih dan nafas jadi lebih segar. Tetapi apakah kamu sudah tahu risiko dibalik penggunaan mouthwash setiap hari, ladies?

Komposisi Produk Mouthwash

Menurut pendapat Robin Seymour, profesor yang ahli di bidang gigi dari Newcastle University, banyak produk mouthwash yang mengandung kadar alkohol tinggi. Jumlah alkoholnya bahkan bisa mencapai 26% dari total komposisi produk. Biasanya alkohol digunakan untuk mengoptimalkan kandungan mouthwash lainnya dalam membersihkan plak pada gigi.

Mungkin hal ini terdengar baik ya, ladies. Tetapi kenyataannya tidak, lho! Alkohol pada produk mouthwash memang tidak terminum. Namun kandungan alkohol tersebut justru bisa menyebabkan mulut menjadi kering dan napas semakin tak sedap. Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs Daily Mail, alkohol jenis etanol pada produk mouthwash bahkan diduga meningkatkan risiko kanker mulut.

Mouthwash Malah Bikin Gigi Makin Kusam?

Sebagian produk mouthwash menggunakan bahan chlorohexidine gluconate sebagai komposisinya. Bahan kimia ini memang ampuh mengurangi bakteri dan menyingkirkan plak. Tetapi penggunaan dalam jangka waktu yang lama justru bisa merusak enamel gigi. Reaksi kimia yang ditimbulkan oleh chlorohexidine gluconate pada gigi bisa menimbulkan warna kecoklatan pada permukaan gigi.

Memilih Produk Mouthwash yang Tepat

Sebenarnya tak masalah jika kamu ingin menggunakan produk mouthwash. Kamu bisa memilih produk mouthwash yang bebas kandungan alkohol. Selanjutnya, cukup gunakan mouthwash maksimal 1 kali sehari. Sehingga efek buruk dari bahan kimia dalam mouthwash tidak mengganggu kesehatan gigi dan mulutmu.

Kamu juga bisa membuat sendiri mouthwash dengan membuat campuran ½ sendok teh garam dapur dan air bersih. Campuran alami ini tentu lebih ekonois dan tidak memiliki dampak buruk untuk mulut dan gigimu.


Tampil dengan gigi bersih dan nafas segar makin membuatmu percaya diri. Yuk, pilih mouthwash yang sehat atau buatlah sendiri mouthwash alamimu sekarang!